Napi Terorisme di Lapas Gunung Sindur Ucapkan Ikrar Setia ke NKRI

JagatBisnis.com – Sebanyak 34 orang narapidana tindak pidana khusus terorisme telah berikrar setia kembali kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Ikrar berlangsung di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Gunung Sindur, Jawa Barat, Selasa (9/11/2021).

“Mereka sudah berjanji setia berpegang teguh kepada Pancasila dan UUD 1945. Selain itu, juga turut serta melindungi segenap tanah air Indonesia dari segala tindakan-tindakan aksi terorisme yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia,” kata Kepala Lapas Narkotika Gunung Sindur, Damari, dalam keterangan tertulis.

Damari menjelaskan, ikrar dilakukan sebagai bentuk implementasi hasil akhir program deradikalisasi. Para narapidana terorisme (napiter) diminta untuk menegaskan kesediaannya membangun kehidupan berbangsa dan bernegara dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Ikrar Setia NKRI ini sebagai bentuk pembuktian pelaku individu dan kelompok untuk bersedia meninggalkan atau melepaskan diri mereka dari aksi dan kegiatan terorisme,” ungkap Damari.

Menurut Damari, pelaksanaan ikrar NKRI ini sebagai suatu kegiatan yang utuh, intergratif dan berkesinambungan serta sinergitas antara Lapas Narkotika Gunung Sindur dengan BNPT, Densus 88, BIN dan KODIM hingga Kementerian Sosial.

“Giat ini juga sebagai pencerah kepada orang-orang di sekitarnya dan membantu pemerintah dalam menghambat proses penyebaran radikalisme di masyarakat,” ujar Damari.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian hukum dan HAM Jawa Barat, Sudjonggo, mengapresiasi langkah-langkah yang telah diambil Lapas Narkotika Gunung Sindur dalam melaksanakan Pembinaan kepada Narapidana Terorisme. Ke depannya, ini tetap menjaga sinergitas dan kolaborasi dengan aparat penegak hukum terkait.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Pembinaan Narapidana dan Latihan Kerja Produksi Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Thurman mengungkapkan, ikrar setia pada NKRI merupakan salah satu bentuk keberhasilan pembinaan kepada narapidana yang dilakukan oleh Lapas Kelas IIA Narkotika Gunung Sindur.

“Dengan dilaksanakannya kegiatan pernyataan ikrar setia kepada NKRI ini, kami berharap hal ini mampu menjadi awal bagi saudara-saudara warga binaan untuk menjadi anggota masyarakat yang memiliki kesadaran terhadap hak dan kewajiban baik sebagai individu, masyarakat, dan sebagai warga negara,” pungkas Thurman. (*/esa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button