Menparekraf Ajak Bupati Pacitan Surfing Bareng di Pantai

JagatBisnis.com –  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan ketertarikannya menjajal olahraga surfing di salah satu pantai di Pacitan, Jawa Timur. Oleh karena itu, ia mengajak Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji, untuk surfing bersama.

Hal ini disampaikan Menparekraf Sandiaga di acara Ngobrol Pacitan Inspiratif (Ngopi) dengan tema ‘SSWW Parekraf Pacitan Bangkit’, yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Pacitan dan OK OCE INA Makmur, Jumat malam (1/10/2021).

Sandiaga menjelaskan Pacitan memiliki beberapa destinasi berselancar yang cocok untuk pemula maupun profesional, di antaranya Pantai Serau, Pantai Pancer, dan Pantai Watu Karang.

“Saya ingin sekali pengin surfing bareng Bupati Pacitan. Saya mesti latihan dulu. Renangnya bisa, tapi harus belajar menjaga keseimbangan dari Mas Bupati,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut Sandiaga turut mendengarkan aspirasi dari para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif soal permasalahan yang kerap terjadi. Seperti kemudahan akses promosi wisata dan produk ekonomi kreatif Pacitan.

Menanggapi aspirasi tersebut, Sandiaga siap untuk Gerak Cepat (Gercep), Gerak Bersama (Geber) dan Garap Semua Potensi (Gaspol) untuk membangkitkan destinasi wisata Pacitan.

“Terima kasih atas masukannya, dan aspirasi sudah saya catat semua. Mudah-mudahan kita bisa langsung gercep, geber, dan gaspol untuk membangkitkan kembali pariwisata,” ujar Sandiaga.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji, mengungkapkan daerah yang dipimpinnya memiliki potensi wisata alam dan budaya yang menarik. Ia ingin meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang ada di Pacitan. Oleh karenanya, ia meminta bantuan Kemenparekraf untuk menggali potensi yang ada.

“Kami juga masih lemah dalam hal akses perluasan jejaring pemasaran pada saat mengadakan event-event, festival, dan pameran yang berdampak pada signifikannya peningkatan kunjungan wisata sehingga diperlukan dukungan jejaring nasional dan internasional,” ujarnya.

Sementara itu Perwakilan Pokdarwis Pantai Watubale Pacitan, Rofiq, berharap Kemenparekraf dapat mendampingi dan membimbing masyarakat Pacitan untuk bisa memasarkan dan mempromosikan destinasi wisata Pacitan melalui media sosial.

“Kami ingin bimbingannya agar dapat memasarkan destinasi kami melalui media sosial dan berbagai marketplace dalam era digital ini,” tutupnya. (eva)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button