Indonesia Ditargetkan Raup Rp500 Miliar dari Ajang MotoGP

JagatBisnis.com-Pemerintah menargetkan gelaran MotoGP 2022 menghasilkan pendapatan langsung sebesar Rp500 miliar saat acara berlangsung. Karena ajang ini memberikan efek domino yang tidak hanya dirasakan secara langsung maupun tidak langsung.

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Rizki Handayani Mustafa mengatakan, pihaknya fokus menggaet turis domestik untuk menyaksikan event akbar itu. Karena turis domestik tidak kalah potensial dibandingkan turis asing.

“Kalau kita lihat MotoGP di Sepang saja banyak sekali orang Indonesia yang nonton. Sekarang di Mandalika juga harusnya kita bisa menarik orang Indonesia untuk menyaksikan secara langsung ajang ini,” tuturnya.

Baca Juga :   Indonesia Dianggap Berhasil Dorong Kebangkitan Pariwisata

Menurutnya, tidak cuma pendapatan secara langsung, digelarnya MotoGP ini juga memberikan efek tidak langsung yang berkaitan dengan nama baik Indonesia di kancah dunia hingga mengembangkan sport tourism di Indonesia. Sport tourism memiliki konsep yang berbeda dari sekadar menggelar event olahraga, baik nasional maupun internasional.

Baca Juga :   Topeng Dalang Semenep Didorong Go Internasional

“Kalau sport event, itu seperti sekarang, orang-orang datang ke Mandalika untuk nonton MotoGP. Ke depannya, kita ingin agar orang-orang datang ke Mandalika itu untuk olahraga, karena alamnya yang indah, sehat,” ujarnya.

Baca Juga :   Vinales Resmi Tinggalkan Yamaha

Pihaknya berharap, event olahraga lain terus diselenggarakan di Indonesia sehingga sport tourism ini berkembang dengan sendirinya. Selain itu, pihaknya juga berharap ke depan partisipasi swasta akan semakin besar. Karena untuk saat ini Mandalika dikelola oleh BUMN yaitu ITDC. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO