Masyarakat Diminta Waspada Hujan Lebat hingga Puting Beliung di Jakarta

JagatBisnis.com – Pemprov DKI Jakarta melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta menghasilkan peringatan dini cuaca di Bunda Kota. Spesialnya, atas kemampuan curah hujan dengan keseriusan besar ataupun hujan rimbun yang bisa diiringi cepat, petir dan angin cepat sampai puting beliung di wilayah DKI Jakarta pada 28 Januari- 2 Februari 2021.

Plt Kepala Eksekutif BPBD Provinsi DKI Jakarta, Sabdo Kurnianto menyampaikan, peringatan dini ini berasal dari BMKG supaya warga lebih cermas dan menyiapkan diri.

Sabdo mengatakan, BMKG telah menghasilkan prediksi cuaca berplatform akibat( IBF) untuk akibat banjir atau banjir bandang dalam 2 hari ini, ialah 28- 29 Januari 2021. DKI Jakarta masuk dalam kemampuan akibat dengan status Siap sedia.

” Kita mengimbau supaya warga bisa mengestimasi dan mempersiapkan seluruh sesuatunya untuk melindungi diri dari hujan angin,” tutur Sabdo, Kamis 28 Januari 2021.o

Baginya, situasi cuaca berlebihan semacam ini bisa memunculkan kubangan, banjir, tanah longsor, tumbuhan rebah, dan jalur licin. Beliau pula telah mengimbau pada Badan Perangkat Wilayah( OPD) terkait, para Camat dan Lurah wilayah rawan banjir ataupun longsor supaya mengestimasi dengan menyiapkan Penindakan Infrastruktur dan Alat Biasa( PPSU) dan Satgas Banjir atau Dinas SDA Kecamatan.

Warga pula diimbau bisa bertamu 112 bila menginginkan dorongan. BMKG menulis beberapa besar wilayah Indonesia( 94 persen dari 342 Alam Masa) saat ini telah memasuki

masim hujan.

Perihal ini pula telah diprediksi sejak Oktober 2020 lalu, kalau terkait dengan pucuk masa hujan akan terjadi pada Januari dan Februari 2021 di beberapa Sumatera bagian selatan, beberapa besar Jawa termasuk DKI Jakarta, beberapa Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, beberapa Sulawesi, beberapa Maluku, beberapa Papua Barat dan bagian selatan Papua.

BMKG pula menghasilkan peringatan cermas gelombang besar dengan besar 1, 25 hingga dengan 2, 5 meter terjadi di Perairan utara Banten, Perairan Kep. Seribu, Laut Jawa Bagian Barat, Perairan Karawang- Subang dan Perairan Indramayu- Cirebon.

“ Berdasarkan situasi itu, hingga kecermatan akan kemampuan cuaca berlebihan wajib lalu ditingkatkan,” tutupnya. (ser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button