Sebagian Besar Wilayah Sultra Berpotensi Hujan Lebat

JagatBisnis.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) menyampaikan sebagian besar provinsi tersebut berpotensi hujan lebat disertai guntur dan angin kencang.

Prakirawan BMKG Kendari Fezal Habibie mengatakan beberapa wilayah, seperti Kabupaten Konawe, Konawe Utara, Konawe Selatan, Kolaka, Kolaka Timur, Kolaka Utara, Buton Utara, Buton Tengah, Buton Selatan, Bombana, dan Muna berpotensi hujan sedang hingga lebat disertai guntur dan angin kencang.

“Peringatan dini cuaca di wilayah Sultra tepatnya di 11 kabupaten tersebut berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang,” kata dia melalui keterangan tertulis BMKG Sultra seperti dikutip Antara, Jumat (12/11/2021).

Baca Juga :   Waspada Banjir Bandang, BMKG: Hari Ini Beberapa Wilayah Diprediksi Hujan Lebat

Dia menyampaikan kondisi tersebut berpotensi meluas ke beberapa daerah lainnya, seperti Kota Baubau di wilayah Sorowolio, Bungi, Lea-Lea, Kokalukuna, Wolio, Murhum, dan Betoambari.

Dia menjelaskan pada siang dan sore hari berpotensi hujan sedang di wilayah Kolaka, Kolaka Utara, Bombana, Buton Utara, Konawe Selatan, Kendari, Konawe, dan Kolaka Timur, sedangkan hujan ringan di wilayah Baubau, Buton, Buton Selatan, Buton Tengah, Wakatobi, Muna, Muna Barat, Konawe Utara, dan Konawe Kepulauan.

Baca Juga :   BMKG: Sebelum Melaut, Nelayan Harus Manfaatkan Teknologi dan Informasi Cuaca

Pada malam hari berpotensi hujan lebat di wilayah Kolaka Utara. Hujan ringan di wilayah Buton Selatan, dan Kolaka, sedangkan pada dini hari berpotensi hujan lebat di wilayah Kolaka, hujan ringan di wilayah Buton Utara, Wakatobi, Konawe Kepulauan, Bombana, Buton Tengah, dan Konawe Utara.

Baca Juga :   BMKG Gelar Sekolah Lapang Gempabumi di Lebak

BMKG juga menyampaikan suhu udara mencapai 24-33 derajat Celcius, dengan kelembaban udara 60-95 persen dan angin bertiup dari timur laut menuju tenggara dengan kecepatan 2-20 kilometer per jam.

BMKG mengimbau masyarakat mewaspadai dampak potensi hujan lebat, seperti banjir, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin selama pancaroba tahun ini di daerah tersebut. (pia)

MIXADVERT JASAPRO