Makin Digemari, Ini Manfaat dari Aerial Yoga

JagatBisnis.com –  Aerial yoga atau yoga anti gravitasi ini adalah kombinasi dari asana yoga tradisional, akrobat, dan gerakan tarian yang Anda lakukan dengan menggantung di udara. Tempat menggantung yang biasanya digunakan berupa kain panjang khusus yang kuat menjulur dari atas hingga mendekati lantai.

Meski terlihat agak menyeramkan saat pertama kali melihatnya, latihan ini ternyata memiliki berbagai manfaat yang belum tentu dimiliki oleh yoga biasanya.

Penasaran apa saja manfaat dari aerial yoga? Simak ulasan berikut:

1. Meningkatkan kelenturan tubuh

Gerakan aerial yoga memberikan banyak kebebasan untuk bergerak yang bisa membantu meningkatkan kelenturan tubuh. Saat melakukan gerakannya, Anda bisa memindahkan tubuh ke posisi-posisi yang baru. Biasanya gerakan-gerakan dalam latihan yoga ini memberikan peregangan yang lebih dalam dan memuaskan daripada jenis yoga tradisional.

2. Membuat lebih fokus

Dengan menempatkan diri pada posisi yang menantang dari yoga biasanya, yakni dengan menggantungkan tubuh melawan gaya gravitasi, aerial yoga memaksa Anda untuk lebih awas dan fokus akan lingkungan sekitar. Di sinilah Anda akan melatih konsentrasi lebih keras selama latihan sehingga bisa membantu pikiran agar lebih fokus.

3. Menguatkan Otot-otot

Gaya gravitasi akan bekerja lebih keras pada tubuh Anda ketika melakukan yoga satu ini. Berbagai gerakan yang Anda praktikkan membuat tubuh harus menahan lebih keras melawan gravitasi. Nah, karena harus menahan lebih keras, maka otot-otot Anda akan lebih kuat terbentuk saat melakukan yoga ini ketimbang gerakan yoga biasanya.

Aerial yoga juga merupakan latihan untuk otot inti yang baik. Hal ini karena semua bagian otot inti terlibat untuk menyeimbangkan dan menstabilkan tubuh selama bergelantungan kain panjang khusus yang Anda gunakan.

4. Melepaskan stress

Manfaat aerial yoga yang tidak kalah pentingnya adalah membantu mengatur dan melepaskan stres. Sama seperti yoga tradisional, latihan ini juga sangat bagus untuk menghilangkan stres.

Anda tidak hanya melakukan berbagai pose meregangkan tubuh yoga saja pada latihan ini, tetapi juga mengalami kegembiraan tersendiri. Mungkin Anda akan merasa puas karena bisa melakukan gerakan yang lebih baru, menarik, dan berbeda dari yoga biasanya.

5. Sebagai olahraga kardio

Sebuah penelitian dari American Council on Exercise menemukan respons tubuh setelah melakukan latihan aerial yoga sama halnya seperti saat seseorang bersepeda atau berenang.

Para peneliti juga menemukan bahwa dalam satu sesi aerial yoga selama 50 menit mampu membakar 320 kalori tubuh dan menghasilkan efek latihan kardiovaskular dalam intensitas rendah hingga sedang.

Program latihan rutin selama jangka waktu tertentu memberikan peningkatan signifikan pada beberapa faktor, seperti berat badan, persentase lemak tubuh, dan tekanan darah. Kondisi ini bisa membantu mencegah penyakit jantung, stroke, dan gangguan pembuluh darah lainnya.

6. Lebih mudah menguasai gerakan yoga lainnya di atas matras

Melakukan pose headstand dalam yoga terbilang sulit, bahkan untuk mereka yang sudah lama berlatih sekalipun. Namun, ketika mencoba latihan aerial yoga, menguasai gerakan yoga reguler terkadang bisa lebih mudah untuk Anda lakukan.

Kain yang membungkus tubuh saat melakukan yoga di udara memberikan bantuan pada tubuh untuk melakukan pose-pose sulit, ibaratnya sebagai pegangan. Maka dari itu, gerakan-gerakannya akan memberikan Anda pengalaman untuk mencoba tiap pose yoga yang sulit.

Dengan meningkatnya kemampuan saat berlatih variasi yoga ini, kemampuan yoga reguler Anda juga akan meningkat dengan sendirinya. Keseimbangan tubuh akan lebih terlatih dan Anda akan jadi lebih terbiasa dalam posisi tubuh terbalik.

7. Mengatasi skoliosis

Dikutip dari Health, Allan Stewart, MD, direktur divisi bedah aorta Mount Sinai Hospital, New York mengatakan bahwa menggantung tubuh dalam posisi terbalik, seperti gerakan yoga aerial dapat meredakan gejala nyeri pada orang yang mengalami skoliosis.

Skoliosis adalah kelainan tulang belakang dengan kondisi tulang belakang melengkung ke arah samping secara tidak normal. Jika mengalami kondisi ini, umumnya akan timbul gangguan pada postur tubuh hingga sering mengalami nyeri punggung, kesemutan, dan mati rasa.

Gangguan tulang belakang ini kebanyakan bersifat ringan, namun pertambahan usia bisa memperburuk kondisinya. Nah, gerakan-gerakan dalam aerial yoga bisa membantu memperpanjang ligamen dan membuat otot-otot sekitar rileks sementara.

Aerial yoga tergolong bentuk latihan yang aman, karena umumnya Anda harus melakukannya dengan pendampingan instruktur yoga berpengalaman dan bersertifikat. Pastikan juga mengikuti kelas yoga terpercaya dan mengikuti semua arahan instruktur Anda.

Latihan ini membutuhkan banyak gerakan tubuh terbalik (inversion) dalam durasi cukup lama sehingga Anda harus waspada terhadap beberapa risiko kesehatan terkait, seperti glaukoma, vertigo, gangguan tulang, tekanan darah tinggi atau rendah, dan penyakit kardiovaskular.

Jika memiliki risiko masalah kesehatan tersebut, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau instruktur yoga untuk menentukan apakah Anda boleh atau tidak melakukan latihan aerial yoga. (pia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button