Lelang SUN, Pemerintah Cari Dana Rp40 Triliun

jagatBisnis.com – Kementerian Keuangan (Kemenkue) akan melelang 7 surat utang negara (SUN) dengan target penerimaan indikatif sebesar Rp20 triliun dan target maksimal Rp40 triliun. Rencananya, lelang SUN dilakukan pada pukul 09.00-11.00 WIB mulai pekan depan.

“Lelang dilakukan memenuhi sebagian dari target pembiayaan dalam APBN 2020,” jelas Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kemenkeu, Luky Alfirman, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat (07/08/2020).

Dia menjelaskan, seluruh hasil lelang akan berlaku dengan tanggal setelmen mulai 13 Agustus 2020. Lelang sukuk akan ditujukan untuk para dealer utama, yaitu para BUMN. Lelang ini juga bisa diikuti oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dan Bank Indonesia (BI).

“Lelang akan dilaksanakan dengan menggunakan sistem pelelangan yang diselenggarakan oleh BI. Lelang bersifat terbuka (open auction) dan menggunakan metode harga beragam (multiple price),” terangnya.

Dia menjelaskan, pemenang lelang yang mengajukan penawaran pembelian kompetitif akan membayar sesuai dengan yield yang diajukan.

“Sedangkan, pemenang lelang yang mengajukan penawaran pembelian non-kompetitif (non-competitive bids) akan membayar sesuai dengan yield rata-rata tertimbang (weighted average yield) dari penawaran pembelian kompetitif yang dinyatakan menang,” terangnya.

Dipaparkan, pihaknya memiliki hak untuk menjual ke-7 seri SUN tersebut lebih besar atau lebih kecil dari jumlah indikatif yang ditentukan. SUN yang akan dilelang mempunyai nominal sebesar Rp1 juta per unit.

“Pada prinsipnya, semua pihak, baik investor individu maupun institusi, dapat menyampaikan penawaran pembelian (bids) dalam lelang. Namun, dalam pelaksanaannya, penyampaian penawaran pembelian harus melalui peserta lelang,” pungkasnya. (esa/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button