Koordinasi dengan Pemda, Bea Cukai Kawal Pemanfaatan DBHCHT

JagatBisnis.com – Bea Cukai bersama Pemerintah Daerah di beberapa kabupaten melakukan koordinasi lewat kunjungan dan sosialisasi dalam rangka optimalisasi pemanfaatan dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT).

Pemda Kabupaten Pringsewu, diwakili oleh Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Pringsewu, melakukan kunjungan ke Bea Cukai Lampung dalam rangka koordinasi pengelolaan DBHCHT membahas strategi perencanaan program kerja yang memanfaatkan DBHCHT, potensi yang ada di Kabupaten Pringsewu untuk membangun Kawasan Industri Hasil Tembakau (KIHT), ketentuan di bidang cukai, dan hal-hal yang dapat dilakukan pemerintah daerah dalam memberantas peredaran rokok ilegal.

Selain itu, kunjungan kerja juga dilakukan Bea Cukai Bojonegoro Sekretaris Daerah Kabupaten Bojonegoro membahas pemanfaatan DBHCHT mengingat Kabupaten Bojonegoro merupakan daerah penghasil tembakau berkualitas sekaligus banyak terdapat industri rokok yang mampu menyerap banyak tenaga kerja, sehingga berkontribusi dalam penerimaan negara di bidang cukai.

Kegiatan serupa dilaksanakan Kanwil Bea Cukai Kalimantan Bagian Barat (Kalbagbar) bersama Badan Pendapatan Daerah Provinsi Kalimantan Barat yang dihadiri langsung Gubernur Kalimantan Barat. Kemudian dari wilayah Jawa Barat, Bea Cukai Bandung penuhi undangan sosialisasi DBHCHT dalam rangka pemberantasan barang kena cukai ilegal Pemerintah Kota Cimahi.

“Kegiatan ini diinisiasi oleh Pemda juga untuk membantu tugas dan fungsi Bea Cukai dalam memberantas barang ilegal,” kata Kepala Subdirektorat Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai, Tubagus Firman Hermansjah.

Firman menyampaikan, dengan berlangsungnya koordinasi terkait DBHCHT ini, diharapkan Pemerintah Daerah lebih memahami pengelolaan dan pemanfaatan DBHCHT sehingga dana tersebut dapat dimaksimalkan untuk kesejahteraan masyarakat dan membantu menekan peredaran rokok ilegal. Selain itu juga dapat mempererat sinergi positif antara Bea Cukai dan Pemerintah Daerah.(srv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button