Ekbis  

Bea Cukai Soekarno-Hatta Turut Kawal Kepulangan WNI dari Ukraina

JagatBisnis.com  – Bertempat di Apron Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Senin (07/03), Kepala Kantor Bea Cukai Soekarno-Hatta, Finari Manan beserta seluruh jajaran pimpinan Komunitas Bandara Soekarno-Hatta (Kombata) mengawal kepulangan delapan puluh orang warga negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Ukraina, pada tanggal 3 Maret 2022.

Finari menjelaskan, bahwa delapan puluh orang WNI tersebut diangkut menggunakan pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 7730, dan tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada pukul 17:00.

Finari yang juga berperan sebagai Ketua Kombata menambahkan, Kombata telah menyediakan persiapan pelayanan dalam menyambut kepulangan para WNI tersebut, “Adapun pelayanan yang kami berikan berupa pemeriksaan kesehatan oleh Karantina Kesehatan Pelabuhan (KKP) Soekarno-Hatta, penyelesaian dokumen keimigrasian oleh Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta, serta persetujuan impor Barang Bawaan Penumpang oleh Bea Cukai Soekarno-Hatta. Dalam hal ini, Bea Cukai berkomitmen membantu kelancaran kepulangan para WNI dari Ukraina sebagai perwujudan fungsi kami sebagai community protector atau pelindung masyarakat.”

Baca Juga :   Bea Cukai Ajak Pemda Tekan Peredaran Barang Ilegal dengan Optimalisasi DBHCHT

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, yang turut hadir dalam acara penyambutan, mengatakan bahwa Pemerintah Indonesia akan terus berupaya untuk menjemput WNI beserta keluarganya yang saat ini masih berada di KBRI di Bucharest, Romania. “Mari kita bekerja sama, bersinergi, seluruh tim yang terlibat dalam proses evakuasi WNI dari Ukraina, yang tentunya sangat tidak mudah ini,” ucap Retno.

Baca Juga :   Bea Cukai Layani Ekspor Produk Rotan dan Hasil Bumi

Terhadap delapan puluh orang WNI tersebut selanjutnya akan dibawa ke Wisma Atlet untuk menjalani karantina terlebih dahulu, sebelum akhirnya diizinkan untuk berkumpul kembali dengan keluarganya di Indonesia.(srv)