Komitmen Inovasi Layanan Mandiri Pertanahan, Kementerian ATR/BPN Luncurkan Layanan Loketku dan Aplikasi Layanan Informasi Publik

JagatBisnis.com –  Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) terus melanjutkan inovasinya dalam pelayanan digital pertanahan demi meningkatkan kualitas pelayanan publik serta memberikan kemudahan pelayanan secara mandiri bagi masyarakat. Berdasarkan hal tersebut, Kementerian ATR/BPN meluncurkan fitur Loketku dan Aplikasi Layanan Informasi Publik secara daring dan luring pada Jumat (24/09/2021) bertempat di Aula Prona Kementerian ATR/BPN.

Menteri ATR/Kepala BPN, Sofyan A. Djalil berterima kasih kepada semua pihak yang turut berkontribusi dalam terwujudnya layanan Loketku dan Aplikasi Layanan Informasi Publik, sehingga inovasi ini dapat selesai dan siap digunakan untuk publik. “Tentunya kita akan terus perbaiki apa yang kurang agar kualitas layanan semakin baik,” jelasnya.

Sofyan A. Djalil menceritakan pengalamannya ketika melakukan kunjungan ke salah satu Kantor Pertanahan di Kota Pekanbaru. Ia menemukan bahwa antrean nampak sepi meski di hari biasa atau jam kerja yang biasanya cenderung sibuk. “Saya tanya, kok tidak ada orang? Ternyata sudah ada daftarnya mana saja antreannya dan harus ke loket mana saja. Itu sebuah kemajuan yang luar biasa dalam hal pelayanan publik. Layanan Loketku ini artinya di BPN itu tidak ada lagi orang antre begitu banyak. Ini salah satu dari akibat Covid-19 yang mendorong kita untuk melakukan perbaikan,” terang Menteri ATR/Kepala BPN.

Terkait Layanan Informasi Publik, Sofyan A. Djalil berkata bahwa hal ini teramat penting mengingat Undang-Undang Kebebasan Memperoleh Informasi (UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik-RED) mewajibkan badan publik berkomunikasi dengan masyarakat untuk menjelaskan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat. “Saya pikir sudah menjadi tugas kita untuk melayani secara profesional, agar menuju kantor pertanahan yang profesional, melayani dan terpercaya. Terpercaya ini yang menjadi tantangan dan komitmen bersama,” jelas Sofyan A. Djalil.

“Terima kasih kepada semua yang terlibat sehingga program ini bisa dilaksanakan. Selamat atas pelayanan kita yang semakin baik, saya sangat mengapresiasi, memberikan kebanggaan untuk negeri kita yang kita cintai,” tutur Menteri ATR/Kepala BPN.

Staf Ahli Menteri ATR/Kepala BPN Bidang Teknologi Informasi, Virgo Eresta Jaya berkata bahwa adanya Loketku didasari dari keluhan masyarakat yang bolak-balik datang ke Kantor Pertanahan sehingga prosesnya begitu panjang. “Sesungguhnya ini aplikasi berawal dari inovasi di Kantor Pertanahan untuk memperbaiki layanan menjadi lebih baik sehingga kami dari pusat ingin mengeskalasi secara nasional,” terangnya.

Virgo Eresta Jaya menjelaskan masyarakat dapat langsung mendaftar dan mengunggah secara elektronik berkasnya melalui layanan Loketku di Aplikasi Sentuh Tanahku. Juga akan ada kolom chat interaktif antara masyarakat dengan petugas loket di mana prosesnya harus tuntas hingga sukses terverifikasi. “Ada fitur antrean online juga sehingga diharapkan masyarakat bisa lebih terpantau dan efisien. Saat ini layanan ini sudah dinikmati di 96 Kabupaten dan Kota, semoga gaungnya semakin tinggi dan dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia,” terang Virgo Eresta Jaya.

Terkait Aplikasi Permohonan Informasi Publik Online, Virgo Eresta Jaya berkata bahwa masyarakat tidak perlu ke Kantor Pertanahan untuk meminta informasi. Cukup mengajukan pertanyaan melalui laman ppid.atrbpn.go.id dan hasilnya akan dikirim secara elektronik. “Kelihatannya ini sederhana tapi ini tindakan yang kuat bagi kita untuk bergeser dari lembaga yang fokusnya pencatatan. Pengumpulan dan pendaftaran data menjadi lembaga yang kuat dalam mengelola informasi. Diharapkan melalui peluncuran aplikasi ini dapat meningkatkan animo masyarakat terhadap layanan pertanahan di Kementerian ATR/BPN,” jelasnya.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Yulia Jaya Nirmawati berkata bahwa peluncuran ini adalah bagian dari transformasi digital di Kementerian ATR/BPN. Ia berkata bahwa layanan digital yang senantiasa dikembangkan oleh Kementerian ATR/BPN ini sebagai upaya efisiensi baik bagi masyarakat maupun kantor pertanahan. “Tahun lalu kita meluncurkan empat layanan digital yaitu Zona Nilai Tanah, Pengecekan Sertipikat, Hak Tanggungan Elektronik dan Surat Keterangan Pendaftaran Tanah. Tahun ini kita meluncurkan Loketku dan Aplikasi Permohonan Informasi Online. Kita harapkan ke depannya seluruh layanan di Kementerian ATR/BPN ini beralih ke digital sesuai dengan DILAN atau Digital Melayani yang sering didengungkan oleh Bapak Presiden RI,” tutupnya.(srv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button