Joe Biden Akhiri Hubungan dengan Koalisi Pimpinan Arab Saudi

JagatBisnis.com –  Amerika Sindikat akan memberhentikan sokongan atas pembedahan tentara aliansi arahan Arab Saudi di Yaman, yang telah menyebabkan perang selama 6 tahun terakhir dan menyebabkan lebih dari 110. 000 orang meninggal bumi.

” Perang di Yaman wajib diakhiri,” tutur Kepala negara AS Joe Biden kala memberikan statment terkait kebijaksanaan luar negerinya pada Jumat (5/2/2021).

Dalam kebijaksanaan 2 kepala negara penduhulu Biden, AS mendukung aliansi arahan Arab Saudi melawan disiden Houthi di Yaman.

Bentrokan di negeri itu telah menyebabkan jutaan masyarakat Yaman di ambang musibah kelaparan.

Pertempuran di negeri itu berasal pada 2014 antara tentara Yaman yang lemas dan gerakan disiden Houthi.

Kenaikan bentrokan bertambah setahun setelah itu, kala Arab Saudi dan 8 negeri Arab lainnya- didukung oleh AS, Inggris dan Prancis- memulai serbuan udara kepada kelompok Houthi.

Biden memublikasikan pergantian lain terkait kebijaksanaan luar negara AS, semacam kenaikan penting jumlah pengungsi yang diperoleh oleh AS, dan pembatalan ketetapan menarik gerombolan Amerika dari Jerman— tempat mereka ditempatkan sejak akhir Perang Bumi Kedua.

Pidatonya men catat pergantian runcing dengan kebijaksanaan luar negara mantan kepala negara Donald Trump, yang meninggalkan jabatannya bulan lalu. (ser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button