Fokuskan Pada Potensi Ekspor, Bea Cukai Lakukan Kunjungan Ke Pelaku Usaha

JagatBisnis.com –  Menyukseskan program pemerintah dalam rangka meningkatkan pendapatan daerah di wilayah masing-masing, Bea Cukai diwakili beberapa kantor vertikal di bawahnya melakukan kunjungan kerja dalam rangka Customs Visit Customer yang menyasar pengguna jasa di bidang kepabeanan dan cukai.

Kepala Subdirektorat Komunikasi dan Publikasi, Tubagus Firman Hermansjah, mengatakan bahwa kegiatan kunjungan kerja atau kunjungan dalam rangka Customs Visit Customer (CVC) ini menjadi kegiatan rutin dalam rangka sinergi Bea Cukai dengan pengguna jasa khususnya di bidang kepabeanan dan cukai. Dengan menyasar importir maupun eksportir unggulan maupun pelaku UMKM setempat, Bea Cukai memberikan pengarahan sekaligus pemantauan terhadap proses bisnis yang mereka hadapi.

“CVC ini bertujuan untuk mensinergikan tujuan Bea Cukai dengan pelaku usaha yang ada. Kali ini, CVC dilakukan di wilayah Semarang, Belawan serta Kalimantan Bagian Timur. Dengan mengutus masing-masing kantor Bea Cukai di wilayahnya, kami harap Bea Cukai mampu menjangkau seluruh peluang yang ada di daerah,” ungkap Firman.

CVC pertama di lakukan oleh Bea Cukai Semarang yang lakukan kunjungan kerja bersama dengan KPP Madya Semarang menuju Kawasan berikat PT Formosa Bag Indonesia. Joint Visit yang dilakukan kali ini dilakukan untuk menguatkan sinergi serta pemberian pelayanan yang prima antara Bea Cukai, KPP Madya Semarang dan juga PT Formosa Bag Indonesia.

Kunjungan kemudian dilakukan oleh Bea Cukai Belawan yang lakukan peninjauan lapangan dalam rangka monitoring serta evaluasi penerima fasilitas MITA yakni PT Charoen Pokphand Indonesia. Peninjauan yang dilakukan juga dalam rangka asistensi kepada perusahaan agar terus memahami bahwa fasilitas yang diberikan ini menjadi tanggung jawab perusahaan agar berkontribusi dalam perekonomian Indonesia.

Bergerak ke wilayah Timur pulau Kalimantan, Kanwil Bea Cukai Kalbagtim lakukan CVC ke salah satu penerima fasilitas Kawasan Berikat sekaligus Pusat Logistik Berikat yakni PT LDC East Indonesia. Kunjungan kemudian membahas proses bisnis perusahaan hingga proses ekspor yang dilakukan perusahaan.

“Seluruh rangkaian kegiatan CVC kali ini dipusatkan pada bagaimana pelaku usaha dapat berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia. Diharapkan seluruh pihak dapat berkontribusi melalui ekspor produk yang dimiliki sehingga nantinya kegiatan kunjungan dapat menggali potensi pelaku usaha serta peningkatan ekspor di wilayah masing-masing,” tutup Firman. (srv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button