Dorong Produktivitas UMKM dan IKM, Bea Cukai Beri Asistensi Ekspor

JagatBisnis.com –  Terus mendukung program pemulihan ekonomi nasional (PEN), Bea Cukai berupaya mendorong produktivitas usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan industri kecil menengah (IKM) dengan menggelar sosialisasi dan asistensi terkait ekspor di berbagai wilayah.

Kantor Wilayah Bea Cukai Riau dan Bea Cukai Bengkalis bersama dengan Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bengkalis melakukan kunjungan kepada UMKM Pinang Super yang melakukan produksi pinang bertempat di Jl. Antara Kabupaten Bengkalis, pada Selasa (26/01) pagi.

Plt. Kasubdit Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai, Hatta Wardhana menjelaskan, kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan customs visit custumer dalam rangka mendorong program PEN dan sejalan dengan fungsi Bea Cukai sebagai trade fasilitator dan industrial assistance.

Kata Hatta, sosialisasi di Bengkalis ini untuk menggali potensi ekspor pinang dan asistensi terkait fasilitas pusat logistik berikat (PLB) demi mengurangi biaya  keuangan perusahaan, dengan melakukan pemuatan barang ekspor di Pekanbaru melalui PLB untuk mendapatkan kemudahan pembebasan PPN.

“Kegiatan ini sekaligus untuk melakukan asistensi dan sosialisasi kepada pengusaha khususnya pengusaha UMKM demi meningkatnya geliat ekonomi,” ujar Hatta. Menurutnya, dengan berdirinya PLB di lingkungan Kanwil Bea Cukai Riau, dapat meningkatkan ekspor komoditi Bengkalis bagi pengusaha IKM dan UMKM.

Kemudian pada Kamis (28/01), tim Bea Cukai Pasuruan mengunjungi pengusaha IKM yang berlokasi di Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan. Kegiatan serupa turut dilakukan Bea Cukai Gresik dengan mengunjungi UMKM UD Legend Trend yang bertempat di Bungah, Gresik pada Jumat (05/02).

“Petugas Bea Cukai memberi edukasi dan motivasi kepada pengusaha untuk mengembangkan usahanya, dengan harapan UMKM dan IKM tersebut dapat menembus pasar internasional dan mengambil bagian dalam memulihkan ekonomi nasional,” kata Hatta.

Sosialisasi untuk mendorong minat eskpor pelaku UMKM juga digelar Bea Cukai Kediri melalui talkshow radio dengan menyampaikan informasi terkait ekspor pada Rabu (03/02).

Hatta menjelaskan, peluang ekspor perlu dimanfaatkan untuk membuka pasar yang lebih luas lagi, sehingga akan membawa banyak dampak positif, seperti meningkatnya pendapatan pelaku usaha. “Masuknya UMKM menjadi bagian dari kegiatan ekspor, akan membuat roda perekonomian mereka berputar, sebab barang yang dihasilkan bisa tersalurkan,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan bahwa Bea Cukai terus bekerja melakukan jemput bola. Bersinergi dengan instansi terkait, Bea Cukai rutin menggelar pelatihan ekspor kepada pelaku usaha serta diskusi terkait kendala di lapangan.

“Kami berharap semakin banyak pelaku UMKM yang tertarik untuk memanfaatkan peluang ekspor karena potensinya sangat besar, dan memanfaatkan berbagai plaform digital seperti e-commerce untuk perkembangan usahanya,” pungkas Hatta. (srv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button