Berikut Profil Singkat Jozeph Paul Zhang, Penista Agama yang Kini Dicari hingga ke Jerman

JagatBisnis.com – Nama Jozeph Paul Zhang masih terus menjadi perbincangan. Pria yang mengaku sebagai Nabi ke-26 dan menghina Nabi Muhamad SAW dan umat Islam itu kini masih terus dilacak keberadaanya hingga Jerman.

Terkait info yang bersangkutan ada di Jerman, Duta Besar RI untuk Jerman Arif Havas Oegroseno menyebut Jozeph Paul Zhang, sudah keluar dari Jerman. Dia hanya berada selama 6 bulan di Jerman. “Infonya sudah keluar dari Jerman. Kita lagi lacak. Dia di Bremen hanya 6 bulan infonya. Nah, sekarang lagi kita cek,” katanya.

Dari informasi yang dihimpun, Jozeph Paul Zhang bernama asli Shindy Paul. Paspornya bernomor B6622531 yang dibuat di Kantor Imigrasi Semarang, dengan masa berlaku hingga 19 Maret 2022. Namun nama yang tertera dalam paspor itu bukan Jozeph Paul Zhang, melainkan berinisial Shindy Paul Soerjomoeljono.

Penelusuran di blog pribadinya, Jozeph Paul Zhang mengaku sebagai apologet Kristen. Mengutip jurnal Konsep Apologetika sebagai Panggilan Orang Percaya karya Guntur Hari Mukti (2020), tujuan dari apologetika adalah untuk menunjukkan kebenaran kekristenan, sehingga orang yang mempelajari apologetika akan belajar bahwa imannya bukan mitos.

Jozeph secara lebih rinci menjelaskan bahwa tugasnya meliputi memberitakan Injil, mengajar dan memuridkan melalui artikel, buku-buku, tulisan di media sosial dan seminar-seminar.

Pembelaan ini dapat ditunjukkan kepada pemeluk agama yang lain, aliran Kristen yang lain, warga komunitas sendiri yang ragu-ragu atau kepada orang beriman biasa yang ingin mengerti bahwa iman mereka dapat dipertanggungjawabkan.

Selain mengajar, masih di bionya, Jozeph Paul Zhang juga mengaku sudah membaptis ratusan orang di Indonesia dan di Benua Eropa. Pada deskripsi YouTube-nya, Jozeph Paul Zhang menulis sebagai Founder of The FIRM Foundation (Indonesia) and Hagios Apologetic Centre (Europe).

Dia saat ini berdomisili di Bremen, Jerman. Saat ini jumlah subscribers-nya lebih 50 ribu. Video-videonya membahas tentang Kristen. Ada juga video pembaptisan.

Berdasarkan penelusuran, ia mulai aktif sebagai blogger dan YouTuber sejak 2009. Konten-kontennya banyak berisi telaah mengenai Kekristenan dan tidak jarang menyentil Islam. Misalnya pada 2019 lalu ia menulis artikel berjudul “Allah Arab, Nabi Palsu, dan Imam Mahdi akan dilempar ke Neraka”.

Pada 15 April 2021 lalu ia mengunggah video berdurasi lebih dari tiga jam berjudul “Puasa Lalim Islam”. Dalam video tersebut, Jozeph membahas sejumlah hal, termasuk kondisi masyarakat Indonesia dan Eropa yang sedang berpuasa.

Bahkan, dia juga menantang siapa saja yang berani melaporkannya ke polisi akan diberikan uang. Dia juga menghina Nabi Muhammad yang dikenal sebagai nabi ke-25.

Jozeph Paul Zhang mengatakan bagi siapapun yang bisa melaporkannya atas penistaan agama, akan diberi Rp 1 juta per laporan. Dan maksimal Rp 5 juta.

“Kalo Anda bisa bikin laporan polisi atas nama penistaan agama, Gua kasih lu, satu laporan 1 juta (rupiah). Maksimum lima laporan, supaya jangan bilang gua ngibul kan. jadi kan lima juta (rupiah),” tambahnya.(HAB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button