Bea Cukai Sulbagsel Kembali Berikan Izin Fasilitas Kawasan Berikat

JagatBisnis.com – Bea Cukai Sulawesi Bagian Selatan terus berupaya memberikan kemudahan bagi para pelaku usaha di wilayahnya melalui pemberian fasilitas. Hal ini sejalan dengan program percepatan perijinan di bidang kepabeanan yang sedang digalakkan Bea Cukai. Kali ini, izin kawasan berikat baru diberikan kepada PT Bintang Smelter Indonesia (PT BSI).

Kepala Kanwil Bea Cukai Sulbagsel, Parjiya mengatakan bahwa 80% peminat fasilitas ini berada di pulau jawa, tapi dengan adanya permohonan PT Bintang Smelter Indonesia akan menambah daftar peningkatan proses bisnis wilayah Sulawesi Selatan dan mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional.

“Izin fasilitas yang kami berikan kepada perusahaan pada bulan Maret lalu ini merupakan suatu langkah yang baik, dengan harapan pelaku usaha dapat merasakan manfaat dan kemudahan dalam berusaha. Yang nantinya akan menghasilkan tambahan investasi dan pengembangan bisnis yang perlu disiapkan dari sekarang,” ujar Parjiya pada Kamis (22/04).

Lebih lanjut, Parjiya menjelaskan terkait ketebukaan kepada pengguna jasa untuk memberikan penilaian atas pelayanan Bea Cukai. “Perusahaan pun akan diberikan kemudahan untuk menyampaikan penilaiannya melalui survei kepuasan atau bahkan akses pengaduan juga dibuka lebar. Hal ini kami sampaikan diawal, mengingat kantor kami sedang berproses untuk mendapatkan sertifikasi wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM) di tahun 2021 ini. Kami juga berharap bisa mendapat dukungan dari perusahaan, untuk memotret mana yang perlu diperbaiki dan diapresiasi,” ujar Parjiya.

Pemberian fasilitas ini sejalan dengan program pemerintah yang tengah memangkas berbagai regulasi dan menawarkan berbagai kemudahan kepada para pelaku usaha untuk mendorong ekonomi, salah satunya dari segi ekspor. Dengan adanya kawasan berikat baru, diharapkan ada pertumbuhan bisnis yang bisa membawa dampak pada penyerapan tenaga kerja dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah. (srv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button