Bea Cukai Fasilitasi Umbi Porang dari Kalimantan Tembus Pasar Jepang

JagatBisnis.com – Dorong implementasi pemulihan ekonomi nasional (PEN), Bea Cukai dorong kegiatan ekspor komoditi dalam negeri dari berbagai daerah. Bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kalimantan Selatan, Bea Cukai Banjarmasin merealisasikan ekspor komoditi umbi porang ke Jepang.

Kepala Kantor Bea Cukai Banjarmasin, Kurnia Saktiyono menyatakan, “Porang (Amorphophallus Muelleri) tersebut adalah hasil budidaya dari Kabupaten Balangan, yang akan diekspor oleh PT. Buana Alam Lestari berbentuk Chip ke Shimizu Chemical Corporation.”

Kegiatan seremonial dihadiri langsung oleh jajaran Pemerintah Daerah Kalimantan Selatan. Pengiriman Umbi Porang ini akan melewati jalur laut melalui Pelabuhan Trisaksi dengan total berat kurang lebih 10 ton komoditi umbi porang kering yang akan dikirimkan ke Jepang dengan target pengiriman dalam lima bulan mendatang mencapai 100 ton umbi porang.

Saat ini umbi porang merupakan salah satu komoditi primadona yang sedang banyak dicari sebagai bahan baku industri, dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, dengan pasar ekspor meliputi negara Jepang, China, Taiwan, Vietnam, Australia dan Korea Selatan. Diharapkan ekspor perdana ini dapat meningkatkan kegiatan ekspor di wilayah Kalimantan Selatan, sehingga mampu mendorong perekonomian nasional untuk bisa terus bangkit di tengah pandemi saat ini.(srv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button