Baru 6 Lokasi yang Dapat Jaringan 5G Telkomsel di Indonesia

JagatBisnis.com – Telkomsel menjadi operator pertama yang menyediakan jaringan 5G di Indonesia setelah mengantongi Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) 5G dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan, layanan 5G Telkomsel mulai bisa dinikmati secara serempak mulai Kamis (27/5/2021).

Kendati demikian, jaringan 5G ini baru akan tersedia di enam lokasi di daerah Jakarta saja, yakni Kelapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, Widya Chandra, Bumi Serpong Damai dan Alam Sutera.

Namun tak perlu khawatir, karena secara bertahap layanan komersial 5G Telkomsel juga akan menyambangi sejumlah kota, yaitu, Batam, Medan, Solo, Bandung, Surabaya, Makassar, Denpasar, dan Balikpapan.

Sebelumnya, Telkomsel telah dinyatakan lulus Uji Layak Operasional (ULO) yang dilakukan pada 19-21 Mei 2021. Untuk mengadakan jaringan 5G, operator berlogo merah tersebut menggelar pita frekuensi 2,3 Ghz sebagai data plane.

Direktur utama Telkomsel, Setyanto Hantoro mengatakan, untuk bisa menggunakan jaringan 5G, pengguna Telkomsel tidak perlu mengganti kartu SIM sebagaimana saat migrasi jaringan 3G ke 4G.

“Untuk saat ini jaringan 5G tidak perlu mengganti (kartu), asal sudah 4G,” ujar Setyanto dalam konferensi pers beberapa waktu lalu.(HAB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button