Gelora Bung Karno Akan Diusulkan Masuk Proyek Strategis Nasional (PSN) untuk Pengembangan Kawasan Terpadu

Gelora Bung Karno Akan Diusulkan Masuk Proyek Strategis Nasional (PSN) untuk Pengembangan Kawasan Terpadu. foto dok gbk.id

JagatBisnis.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, mengungkapkan bahwa Gelora Bung Karno (GBK) diusulkan untuk masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) sebagai bagian dari upaya pengembangan kawasan terpadu untuk olahraga dan hiburan. Usulan ini muncul setelah rapat internal dengan Presiden Joko Widodo.

GBK, dengan luas total wilayah mencapai 279 hektar, dianggap sangat potensial untuk dikembangkan sebagai kawasan yang integratif dengan fasilitas amenitas, akomodasi, fasilitas olahraga, serta infrastruktur untuk penyelenggaraan event.

Sandiaga Uno menekankan bahwa pengembangan ini akan menarik lebih banyak event internasional berkualitas untuk diselenggarakan di Indonesia, seperti konser-konser besar dan event olahraga prestisius.

Baca Juga :   Diusung PPP, Sandiaga Uno Resmi Jadi Cawapres Ganjar Pranowo

Rencana pengembangan ini akan melibatkan kajian mendalam oleh pihak pengelola GBK untuk menentukan infrastruktur yang akan dibangun serta lokasi spesifik dalam GBK yang akan diajukan sebagai PSN. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menarik investasi besar yang berpotensi memberikan dampak ekonomi signifikan dan efek pengganda bagi perekonomian nasional.

Baca Juga :   Tugas Baru Sandiaga di PPP Akan Diumumkan Hari Ini

Sandiaga juga menegaskan bahwa pengusulan ini direncanakan akan selesai pada tahun 2025, sejalan dengan komitmen untuk memasukkan regulasi Indonesia Quality Tourism Fund dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2025, yang regulasinya diharapkan selesai pada bulan Agustus 2024 mendatang. (Mhd)

MIXADVERT JASAPRO