Unit Layanan Terpadu (ULT): Pelayanan Terintegrasi dari Kemendikbudristek untuk Masyarakat

Unit Layanan Terpadu (ULT): Pelayanan Terintegrasi dari Kemendikbudristek untuk Masyarakat. foto : dok kemendikbud.go.id

JagatBisnis.com – Suharti, Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, mengungkapkan pentingnya Unit Layanan Terpadu (ULT) sebagai wujud komitmen Kementerian dalam menyediakan layanan yang terjangkau dan terintegrasi bagi masyarakat dalam bidang pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi.

Dalam keterangan yang disampaikannya pada Selasa (25/6/2024), Suharti menyoroti peran ULT dalam menghadapi tantangan regulasi yang terus berkembang. “Koordinasi tim ULT sangat penting agar informasi yang disampaikan kepada masyarakat tetap terbarui,” ujarnya. Hal ini menegaskan pentingnya kolaborasi antarunit dalam menyampaikan program dan kebijakan secara efektif.

Anang Ristanto, Pelaksana Harian Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat, menambahkan dimensi lain terkait kemajuan layanan ULT. “Layanan call center melalui aplikasi Zendesk mengalami peningkatan signifikan, dengan rata-rata waktu tanggap yang menurun drastis,” katanya. Dari sebelumnya 17 jam, waktu tanggap layanan ULT kini menjadi hanya 4 jam rata-rata.

Baca Juga :   Nadiem Turun Tangan, Bakal Setop Kenaikan UKT PTN yang Tidak Rasional

Anang optimistis bahwa peningkatan ini akan berlanjut di tahun-tahun mendatang, membawa berbagai inovasi dan perbaikan lebih lanjut. “Kami berharap peningkatan ini tidak hanya pada efisiensi waktu tanggap, tetapi juga pada kualitas layanan secara keseluruhan,” tambahnya.

Baca Juga :   Meningkat di 2024, Setengah Perguruan Tinggi di Indonesia Aktif di Bidang Riset

ULT menjadi salah satu instrumen penting dalam meningkatkan aksesibilitas masyarakat terhadap informasi, bantuan, dan pelayanan yang mereka butuhkan dari Kemendikbudristek. Dengan transformasi ini, diharapkan ULT dapat terus memainkan peran strategis dalam mendukung kemajuan pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi di Indonesia.

Baca Juga :   Kemendikbudristek Soroti Pembongkaran Rumah Bung Karno di Padang

Artikel ini mencerminkan komitmen Kemendikbudristek dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi layanan publik melalui ULT, serta antisipasi terhadap perkembangan masa depan yang lebih baik. Menyajikan informasi ini secara jelas dan inspiratif, artikel ini diharapkan dapat menarik perhatian pembaca yang peduli dengan perbaikan layanan publik di Indonesia. (Mhd)

MIXADVERT JASAPRO