Ekbis  

Dukung Transformasi Energi, BNI Mendanai Proyek PLTS

BNI memberikan fasilitas kredit kepada PT Medcosolar Bali Timur untuk pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

JagatBisnis.com, Jakarta – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI terus memperkuat komitmennya dalam mendukung transisi energi nasional melalui penyaluran pembiayaan hijau (green financing).

Sebagai bukti nyata dari komitmen ini, BNI telah memberikan fasilitas kredit kepada PT Medcosolar Bali Timur untuk pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dengan kapasitas 25 Megawatt peak (MWp) di Desa Tianyar, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali.

Proyek PLTS ini merupakan proyek PLTS ground mounted terbesar di Indonesia yang digagas oleh PT Medcosolar Bali Timur, anak usaha dari PT Medco Power Indonesia. BNI turut berperan sebagai sole lender (pemberi kredit tunggal) untuk proyek ini.

Baca Juga :   Hati-Hati Modus Baru Penipuan Salah Transfer Uang

Penandatanganan Perjanjian Kredit dilaksanakan oleh Senior Vice President Corporate Banking 2 BNI, Ditya Maharhani Harninda, bersama dengan Direktur PT Medcosolar Bali Timur, Myrta Sri Utami, di Kantor PT Medco Power Indonesia, Jakarta, pada Rabu (20/3/2024).

Direktur Wholesale and International Banking BNI, Agung Prabowo, menegaskan bahwa partisipasi BNI dalam pembiayaan Green Loan ini merupakan komitmen nyata bank untuk mendukung pencapaian target net zero emission pemerintah pada tahun 2060.

Baca Juga :   Optimalkan Tren Perbaikan 2023, BNI Perkuat Kualitas dan Coverage

“Saat ini, BNI secara aktif mengarahkan pembiayaan pada proyek-proyek yang masuk dalam Kegiatan Usaha Berwawasan Lingkungan (KUBL) sebagai langkah untuk mendorong transisi ke energi hijau di Indonesia,” kata Agung.

Menurut Agung, kerjasama ini sejalan dengan misi PT Medco Power Indonesia sebagai salah satu induk usaha dari PT Medcosolar Bali Timur untuk memberikan nilai jangka panjang dengan portofolio bisnis energi bersih Independent Power Producer (IPP), Operation & Maintenance (O&M), dan energi terbarukan yang berkelanjutan.

Baca Juga :   Dukung Pemerintah, BNI Gelar Program Pencegahan dan Pengentasan Stunting untuk Balita

Pendanaan proyek PLTS ini juga merupakan salah satu bentuk implementasi Environmental, Social, and Governance (ESG) di BNI. “Kerjasama ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dan mewujudkan Indonesia yang lebih hijau,” tutup Agung. (saf)

MIXADVERT JASAPRO