Berita  

Pejabat Rusia dan Iran Ditolak Undangan ke Konferensi Keamanan Munich

Ilustrasi Bendera Iran

JagatBisnis.com – Pejabat pemerintah Rusia dan Iran tidak diundang ke Konferensi Keamanan Munich tahun ini, demikian diungkapkan oleh ketua acara tersebut, Christoph Heusgen. Konferensi tersebut, juga dikenal sebagai “Davos untuk pertahanan,” akan berlangsung di Jerman selatan pada 16-18 Februari.

Heusgen menyatakan bahwa kedua negara tersebut tidak diundang karena terlihat tidak terbuka untuk dialog yang berarti. Acara ini diharapkan membahas konflik-konflik global, termasuk perang Israel-Hamas dan invasi Rusia ke Ukraina yang memasuki tahun kedua.

Ketua acara berharap konferensi memberikan kesempatan bagi negosiasi dan dialog, seperti pertemuan pejabat AS dan Cina pada acara tahun lalu yang berujung pada keterlibatan lebih lanjut. Meskipun pemerintah Iran dan Rusia tidak diundang, organisasi non-pemerintah dari kedua negara tetap diundang.

Baca Juga :   Rusia Ingin Habisi Ukraina dalam 3 Hari, tapi Kenyataannya...

Heusgen juga mengungkapkan harapannya terhadap kehadiran pejabat tinggi Israel, meskipun Jerman mengalami dilema terhadap negara tersebut. Walaupun Jerman berkomitmen pada keamanan Israel, tetapi ada perbedaan pandangan terkait kepemimpinan negara tersebut dalam beberapa isu.

Baca Juga :   Imbas Perang Rusia-Ukraina, Ekonomi Global Bisa Lesu

Pada akhirnya, Heusgen menyoroti dukungan Jerman terhadap Ukraina sebagai penyedia bantuan militer terbesar kedua bagi Kyiv. Namun, dia juga menekankan perlunya diskusi masyarakat mengenai peningkatan belanja pertahanan dan cara pembiayaannya.

Baca Juga :   Rusia Was-was Usai Raja Charles Kirim Rudal Storm Shadow ke Ukraina

(tia)

MIXADVERT JASAPRO