Imbas Proyek MRT di Olimo Jakbar, Jalan Ambles hingga Macet Sampai 2 Kilometer

Jalan Ambles Foto: Tribunnews.com

JagatBisnis.com Jalan Gajah Mada, Tamansari, Jakarta Barat, tepatnya sebelum Lampu Merah Olimo, ambles pada Kamis (4/1). Imbasnya, kemacetan parah terjadi di lokasi sejak pagi tadi.

“Itu tadi ada ambles jalanan, ambles di bahu jalan itu. Macetnya mungkin sekitar 2 kilo, hampir 2 kilo perkiraan,” ujar Kapolsek Metro Tamansari, Kompol Adhi Wananda saat dihubungi.

Di lokasi, memang tengah dilaksanakan proyek MRT Fase 2. Dari hasil koordinasi Adhi dengan pihak MRT, jalanan tersebut ambles akibat curah hujan yang tinggi.

Imbas dari jalan yang ambles itu, lalu lintas menuju Jalan Gajah Mada padat. Akses jalan hanya bisa dilalui satu lajur.

“Tadi sudah kita tanyakan, kita koordinasikan dengan MRT di sana, kemungkinan itu akibat curah hujan, tanah di sana agak tergerus sehingga ambles,” ungkap dia.

Hingga siang ini, kemacetan juga masih terjadi. Adhi mengungkapkan, pihaknya akan segera melakukan pengalihan arus lalu lintas guna mengurai kemacetan yang terjadi.

Baca Juga :   Jalan Raya Cibolerang Kota Bandung Ambles hingga 20 Sentimeter

“Kita sudah koordinasikan dengan Satlantas, nanti akan dialihkan juga itu arus lalinnya. Sebagian akan kita alihkan supaya tidak terjadi penumpukan,” katanya.

Transjakarta juga ikut melakukan perubahan 3 rute imbas jalanan ambles tersebut.
Penyesuaian tiga layanan tersebut yakni rute Blok M – Kota (Koridor 1), Kalideres – Kalibesar Barat (3H) dan Pantai Maju – Balai kota (1A).

“Pengalihan dilakukan agar tetap memobilitas pelanggan yang biasa beraktivitas menggunakan rute-rute tersebut. Diharapkan masyarakat menyesuaikan perjalanan,” ujar Kepala Departemen Humas dan CSR PT Transjakarta, Wibowo, dalam keterangan tertulisnya.

Berikut bentuk pengalihan rute yang diberlakukan:
Blok M – Kota (Koridor 1)
Mengalami pengalihan rute untuk arah Kota sementara arah sebaliknya beroperasi normal sehingga untuk sementara tidak bisa melayani aktivitas pelanggan di halte Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Olimo dan Halte Glodok.

Rute pengalihan yang diberlakukan:
Lampu merah Harmoni – Belok Kanan – Pecenongan – Juanda – Lampu Merah Almabar – Belok Kiri – Jalan Gunung Sahari – Halte Pasar Baru Timur – Halte Jembatan Merah – Halte Mangga Dua – Lampu Merah Belok Kiri – Halte ITC Mangga Dua – Halte Pangeran Jayakarta – Lampu Merah – BeLOK Kanan – Kalibesar Barat – Kota Beos.
Kalideres – Kalibesar Barat (3H)
Mengalami pengalihan rute untuk arah Kota sementara arah sebaliknya beroperasi normal sehingga untuk arah Kota untuk sementara tidak bisa melayani aktivitas pelanggan di Halte Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Olimo dan Halte Glodok.

Baca Juga :   Longsor di Kuningan akibatkan Jalan Amblas

Berikut penyesuaian rute yang diberlakukan:
Lampu merah Harmoni – Belok Kanan – Pecenongan – Juanda – Lampu merah Almabar – Belok kiri – Jalan Gunung Sahari – Halte Pasar Baru Timur – Halte Jembatan merah – Halte Mangga Dua – Lampu Merah – Belok Kiri – Halte ITC Mangga Dua – Halte Pengeran Jayakarta – Lampu merah Kota – Belok Kanan – Kali besar barat – Kota Beos.
Pantai Maju – Balai Kota (1A)
Pengalami pengalihan rute untuk arah Pantai Maju, sementara arah sebaliknya beroperasi normal. Sehingga arah Pantai Maju untuk sementara tidak bisa melayani pelanggan di halte Harmoni, halte Sawah Besar, halte Mangga Besar, halte Taman Sari, dan halte Glodok.

Baca Juga :   Jalan Amblas di Daan Mogot Sudah Diperbaiki

Berikut pengalihan rute yang diberlakukan:
Lampu merah Harmoni – Belok Kanan – Pecenongan – Juanda – Lampu merah Almabar – Belok kiri – Jalan Gunung Sahari – Halte Pasar Baru Timur – Halte Jembatan merah – Halte Mangga Dua – Lampu Merah – Belok Kiri – Halte ITC Mangga Dua – Halte Pengeran Jayakarta – lampu merah kota – belok kanan – kali besar barat – Kota Beos. (tia)

MIXADVERT JASAPRO