El Nino Ancam Pasokan Listrik, PLN Siaga

JagatBisnis.com –  Fenomena El Nino yang terjadi di Indonesia saat ini mengancam pasokan listrik nasional. Hal ini karena El Nino menyebabkan kemarau panjang dan berkurangnya debit air di waduk-waduk yang menjadi sumber pembangkit listrik tenaga air (PLTA).

Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo mengatakan, El Nino menyebabkan angin yang tadinya bertiup kencang kini tidak bertiup. Akibatnya, produksi listrik dari PLTA juga berkurang.

“Dengan adanya El Nino, produksi listrik dari PLTA kita berkurang sekitar 15 persen,” kata Darmawan di Kantor Pusat PLN, Rabu (20/12).

Baca Juga :   Dukung Energi Bersih, PLN Serap Listrik PLTA Poso dan Malea

Selain berkurangnya produksi listrik dari PLTA, El Nino juga berdampak pada keandalan jaringan listrik. Cuaca ekstrem yang terjadi saat ini menyebabkan beberapa sistem kelistrikan menjadi lebih payah.

“Cuaca ekstrem ini juga ada dampaknya yaitu menurunkan keandalan dari jaringan listrik kita,” ujar Darmawan.

Untuk mengantisipasi dampak El Nino, PLN telah melakukan berbagai upaya, salah satunya dengan meningkatkan produksi listrik dari pembangkit listrik tenaga batu bara (PLTU).

Baca Juga :   PLN Tambah 2 Pembangkit EBT di Lampung untuk Perkuat Pasokan Listrik Hijau

“Kami juga akan melakukan upaya-upaya lainnya untuk menjaga keandalan pasokan listrik nasional,” kata Darmawan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sendiri telah memperingatkan masyarakat untuk bersiap menghadapi dampak perubahan iklim, termasuk El Nino. Jokowi mengatakan, El Nino dapat menyebabkan gelombang panas, banjir, dan kekeringan.

“Yang biasanya dingin jadi panas, yang biasanya panas jadi lebih panas. Gelombang panas, super El Nino, sebuah hal yang harus kita sikapi dengan bijak,” kata Jokowi.

Baca Juga :   PLN Terapkan Teknologi Lebih Ramah Lingkungan untuk 32 PLTU

Tips Hemat Listrik Saat El Nino

Untuk menghadapi dampak El Nino, masyarakat dapat melakukan beberapa tips hemat listrik berikut ini:

  • Matikan lampu saat tidak digunakan.
  • Gunakan lampu hemat energi.
  • Matikan peralatan elektronik saat tidak digunakan.
  • Tutup pintu dan jendela saat AC menyala.
  • Gunakan mesin cuci dan pengering pakaian secara efisien.
  • Gunakan air seperlunya.

Dengan melakukan tips-tips hemat listrik tersebut, masyarakat dapat membantu mengurangi beban PLN dan menjaga keandalan pasokan listrik nasional. (tia)

MIXADVERT JASAPRO