Pagar Tinggi Disekeliling Ka’bah

Ilustrasi Ka'bah Foto: Lentera Today

JagatBisnis.com –  Banyak yang bertanya-tanya berapa lama pekerjaan pemeliharaan rutin Ka’bah akan berlangsung. Sebab, selama pemeliharaan, pagar tinggi lebih 2 meter dipasang mengelilingi Ka’bah sehingga jemaah umrah tak bisa menyentuh bangunan suci umat Islam sedunia itu.

Padahal menyentuh Ka’bah langsung adalah impian jemaah umrah, lebih-lebih yang baru pertama melakukan ibadah di Masjidil Haram, Makkah, tempat Ka’bah berada.

“Tolong beritahu sampai kapan pemeliharaan berlangsung, kami akan berangkat umrah besok,” begitu antara lain pertanyaan netizen di media sosial.

Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Taufiq Rabiah tidak memberikan ancer-ancer tempo pengerjaan dalam unggahan di medsosnya, demikian juga Syeikh As-Sudais yang bertanggung jawab atas aktivitas keagamaan di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Baca Juga :   Pertama Kali, Kiswah Kabah Diganti pada 1 Muharram

Namun, mengutip Haramain Info, media yang fokus pada aktivitas Dua Masjid Suci, pemeliharaan Ka’bah akan berlangsung sekitar 10 hari.

“Pengerjaan [pemeliharaan] Ka’bah akan berlangsung selama kurang lebih 10 hari,” tulisnya, Selasa (12/11).

Dengan diketahuinya jangka waktu pemeliharaan Ka’bah, maka diperkirakan pemasangan pagar tinggi juga memiliki durasi yang sama.

Baca Juga :   Pertama Kali, Kiswah Kabah Diganti pada 1 Muharram

Pemeliharaan Ka’bah tidak menganggu jalannya umrah. Jemaah tetap bisa melaksanakan tawaf (mengelilingi Ka’bah 7 kali berlawanan arah jarum jam) di lantai mataf maupun lantai-lantai di bangunan masjid di sekeliling Ka’bah.

Sebelumnya diberitakan, pemeliharaan Ka’bah merupakan kegiatan berkala. Pemeliharaan mulai dikerjakan Sabtu (9/12) yang akan meliputi perbaikan saluran pembuangan air hujan, pelapisan atap dengan marmer, perbaikan katup air, dan perbaikan pintu.

Menurut Saudi Gazette, pemeliharaan berkala pada elemen Ka’bah tersebut di bawah pengawasan Kantor Manajemen Proyek Kementerian Keuangan, berkoordinasi dengan sejumlah instansi pemerintah terkait.

Baca Juga :   Pertama Kali, Kiswah Kabah Diganti pada 1 Muharram

“Hal ini merupakan kelanjutan dari upaya Penjaga Dua Masjid Suci pemerintahan Raja Salman yang senantiasa menjaga, mengagungkan, dan menjaga seluruh elemen Ka’bah agar tetap dalam kondisi terbaiknya,” tulisnya.

Selama ini, Kantor Pengelola Proyek Kementerian Keuangan juga mengawasi proyek perluasan Masjidil Haram yang terus berlanjut sehingga semakin banyak jemaah yang bisa ditampung. Mereka memperhatikan detail terkecil alur kerja dengan menggunakan teknologi terbaru sesuai dengan spesifikasi dan standar internasional terbaik. (tia)

MIXADVERT JASAPRO