Berita  

Presiden Terpilih Argentina, Javier Milei, Mengubah Tonus terhadap Cina dan AS Pasca-Pemilu

Javier Milei Foto Jovem Pan

JagatBisnis.comPresiden terpilih Argentina, Javier Milei, mengeluarkan pernyataan yang mengejutkan pada Rabu, mengucapkan terima kasih kepada Presiden Cina, Xi Jinping, atas surat ucapan selamatnya terkait hasil pemilu Argentina pada Minggu lalu. Pernyataan ini menandai perubahan nada yang signifikan dari kritik keras yang sebelumnya dia sampaikan terhadap kepemimpinan komunis Cina selama kampanye pemilu.

“Saya berterima kasih kepada Presiden Xi Jinping atas ucapan selamat dan harapan baiknya,” kata Milei dalam akun pribadinya di platform X. “Saya menyampaikan harapan tulus saya untuk kesejahteraan rakyat Cina,” tambahnya sambil membagikan gambar surat dari Xi yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Spanyol.

Selama kampanye, Milei, yang dikenal sebagai seorang libertarian radikal, menunjukkan pandangan yang sangat berbeda. Dia menyatakan niatnya untuk menolak bisnis dengan Cina karena kebijakan pembatasan kebebasan individu oleh pemerintah Cina. Cina sendiri adalah mitra dagang terbesar kedua Argentina, setelah Brasil.

Baca Juga :   Presiden Uzbekistan Menang Dalam Referendum Masa Jabatan

Respon positif datang dari Presiden Xi Jinping, yang menyatakan komitmen untuk bekerja sama dengan Milei. “Saya siap bekerja sama dengan Presiden terpilih Milei untuk melanjutkan persahabatan Cina-Argentina, membantu pembangunan dan revitalisasi negara kita masing-masing melalui kerja sama yang saling menguntungkan,” ucap Xi dalam pesan ucapan selamatnya.

Baca Juga :   Argentina Bayar Impor Cina dengan Yuan, Kenapa Tidak Pakai Dolar Lagi?

Milei, yang akan mulai menjabat pada 10 Desember, akan menghadapi tugas berat memimpin Argentina yang sedang dilanda krisis ekonomi. Inflasi tahunan mencapai tiga digit, cadangan devisa menipis, dan tingkat kemiskinan melampaui 40%.

Baca Juga :   Mengungkap Rahasia Bonus Timnas Indonesia: Berapa yang Didapatkan Setelah Pertandingan Melawan Argentina?

Perubahan sikap Milei tidak hanya terlihat dalam hubungannya dengan Cina. Ia juga memperlihatkan perubahan sikap terhadap kelompok negara berkembang BRICS, termasuk Cina, dan blok perdagangan Mercosur di Amerika Selatan. Selain itu, Milei mengucapkan terima kasih kepada mantan Presiden AS Donald Trump atas ucapan selamatnya dan menyatakan harapannya untuk bertemu dengannya segera.

(tia)

MIXADVERT JASAPRO