Berita  

Gempa 6,7 Magnitudo Guncang Filipina, Warga Diminta Waspada

Ilustrasi Gempa Bumi

JagatBisnis.comMindanao, wilayah selatan Filipina, diguncang oleh gempa berkekuatan 6,7 pada hari Jumat sore, 17 November 2023, demikian disampaikan oleh Pusat Penelitian Geosains Jerman (GFZ). Meskipun belum ada laporan korban jiwa, pihak berwenang memperingatkan adanya potensi kerusakan.

Gempa tersebut terjadi di lepas pantai Mindanao, dekat General Santos City, dengan kedalaman 60 km, menurut GFZ. Meskipun sebelumnya laporan menyebutkan besaran gempa sebesar 6,9. Badan seismologi Filipina PHIVOLCS dan Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengklaim bahwa tsunami tidak diperkirakan akan terjadi.

Amor Mio, kepala polisi kota Koronadal yang dekat dengan pusat gempa, melaporkan bahwa tidak ada korban jiwa yang dilaporkan, namun pejabat setempat masih memeriksa pusat perbelanjaan yang dilaporkan rusak.

Baca Juga :   China Ajak Filipina Latihan Militer Bersama untuk Kekuatan Regional

“Pegawai dievakuasi demi keselamatan. Menurut polisi di sekitar, terjadi kerusakan parah, namun kami belum bisa memastikan secara pasti seberapa besar kerusakannya,” kata Mio melalui telepon.

Baca Juga :   Polisi Papua Selidiki Kasus Tewasnya Warga di Wamena

Direktur PHIVOLCS, Teresito Bacolcol, menyatakan bahwa intensitas gempa bersifat merusak, sehingga kerusakan diperkirakan terjadi. Gempa tersebut berlangsung beberapa detik dan masyarakat diimbau untuk tetap waspada terhadap potensi gempa susulan.

Baca Juga :   Tanah Amblas di Pemukiman Warga Gunungkidul

Leny Aranego, seorang penyiar radio di kota General Santos, melaporkan kerusakan dinding dan jatuhnya komputer dari meja akibat gempa tersebut. Michael Ricafort, seorang ekonom di lembaga pemberi pinjaman RCBC, melaporkan evakuasi penumpang di bandara General Santos City ke landasan. (tia)

MIXADVERT JASAPRO