Tekno  

Tekan Pengangguran, Sharp Gelar Program Pelatihan Teknisi AC

JagatBisnis.comPT Sharp Electronics Indonesia (SEID) didukung oleh APINDO dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Karawang, Jawa Barat menggelar program Pelatihan Teknisi AC untuk masyarakat Karawang dan sekitarnya, pada 13-17 November 2023 di Learning Centre, PT SEID Karawang. Kegiatan ini dilakukan seiring dengan berkembangnya bisnis AC. Sehingga banyak konsumen yang memerlukan pendampingan dalam merawat AC.

“Melihat adanya peningkatan kebutuhan akan teknisi profesional dan handal untuk melayani konsumen, khusus AC. Makanya, kami harus mempersiapkan armada teknisi AC yang handal,” kata ADM Division Head, PT SEID Surya Nusa dalam keterangan, Selasa (14/11/2023).

Dia mengungkapkan, kegiatan ini merupakan bentuk kontribusi pihaknya terhadap program pemerintah daerah dalam mengurangi tingkat pengangguran dengan memberikan kesempatan bekerja serta menumbuhkan jiwa wirausaha bagi generasi muda, khususnya di Karawang.

Baca Juga :   Plasmacluster Sharp Efektif Tekan Dampak SARS-CoV-2 dan Gejala Asma

“Dari 359 orang yang mendaftar, hanya 26 peserta yang lolos seleksi. Selama mengikuti pelatihan para peserta akan dibekali materi seperti pengenalan komponen produk AC, proses perbaikan dan perawatan AC, Sikap dasar seorang teknisi serta pengetahuan berwirausaha,” ujarnya.

Baca Juga :   Sharp Indonesia Gelar Program Didik Siswa SMK Jadi Teknisi Andal

Dia mwngatakan, pada tahap awal, pelatihan teknisi ini dibuka bagi masyarakat yang berdomilisi di daerah Karawang dan sekitarnya. Tentunya, dengan usia minimal 25 tahun, pendidikan minimal SMK, tidak memiliki pekerjaan dan memiliki minat wirausaha.

“Kami telah menyiapkan program lanjutan bagi 3 siswa terbaik program pelatihan ini. Kami akan memberikan pendampingan secara intensif agar para lulusan ini bisa langsung mengaplikasikan pengetahuannya. Kami juga akan mengevaluasi program dan mempersiapkan untuk membuka program pelatihan di kota- kota lainnya di seluruh Indonesia“, imbuh Surya.

Baca Juga :   Sharp Kembali Bantu UMKM agar Bertahan di Masa Pandemi

Pada kesempatan yang sama, Ketua DPK APINDO Kabupaten Karawang Abdul Syukur menambahkan, tingkat pengangguran di Karawang pada 2022-2023 tercatat di atas rata rata wilayah Jawa Barat. Untuk itu, pihaknya berharap, kegiatan ini dapat memacu semangat anak muda Karawang untuk meningkatkan kualitas diri. Sehingga mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi lingkungan sekitar hingga berkontribusi terhadap pengurangan tingkat penganguran dan meningkatkan pertumbuhan perekonomian daerah. (eva)

MIXADVERT JASAPRO