Astra International Bagikan Dividen Interim Tahun 2023 sebesar Rp 3,96 T, Berikut Jadwalnya

Gedung Astra Foto : Kumparan

JagatBisnis.com –  PT Astra International Tbk (ASII), konglomerasi yang terkenal di Indonesia, telah mengumumkan rencana pembagian dividen interim tahun buku 2023 senilai Rp 3,96 triliun. Keputusan ini akan memberikan manfaat kepada para pemegang saham Astra dengan pembagian dividen sebesar Rp 98 per lembar saham. Pengumuman ini datang setelah keputusan direksi yang disetujui oleh dewan komisaris pada tanggal 29 September 2023.

Sekretaris Perusahaan ASII, Gita Tiffany Boer, mengungkapkan bahwa jadwal pembayaran dividen interim Astra International adalah sebagai berikut:

  1. Cum Dividen di Pasar Reguler dan Pasar Negosiasi: 11 Oktober 2023 Pada tanggal ini, saham Astra International akan diperdagangkan dengan hak atas dividen, sehingga pemegang saham yang membeli saham sebelum tanggal ini berhak mendapatkan dividen.
  2. Ex Dividen di Pasar Reguler dan Pasar Negosiasi: 12 Oktober 2023 Setelah tanggal ini, saham Astra International akan diperdagangkan tanpa hak atas dividen, sehingga pembeli saham setelah tanggal ini tidak akan memperoleh dividen interim.
  3. Cum Dividen di Pasar Tunai: 13 Oktober 2023 Bagi pemegang saham yang melakukan transaksi di pasar tunai, tanggal ini penting karena menentukan hak atas dividen.
  4. Ex Dividen di Pasar Tunai: 16 Oktober 2023 Setelah tanggal ini, saham Astra International di pasar tunai akan diperdagangkan tanpa hak atas dividen, sehingga pembeli setelah tanggal ini tidak akan memperoleh dividen interim.
  5. Recording Date: 13 Oktober 2023 Tanggal ini adalah saat pencatatan pemegang saham yang memiliki hak atas dividen dalam catatan perusahaan.
  6. Pembayaran Dividen: 31 Oktober 2023 Pada tanggal ini, dividen interim sebesar Rp 3,96 triliun akan secara resmi dibayarkan kepada pemegang saham Astra International.

Meskipun harga saham ASII mengalami penurunan pada penutupan perdagangan sebelumnya, distribusi dividen ini dapat memberikan manfaat kepada pemegang saham dan meningkatkan kepercayaan mereka terhadap kinerja perusahaan.

Astra International terus berkomitmen untuk memberikan nilai tambah kepada pemegang sahamnya, dan dividen ini merupakan salah satu cara perusahaan tersebut membagi hasil kesuksesan operasionalnya kepada mereka. Dengan jadwal yang telah ditentukan, pemegang saham dapat merencanakan langkah mereka secara tepat untuk mengoptimalkan manfaat dari dividen interim ini.

(tia)

MIXADVERT JASAPRO