Tingkatkan Sinergi Bisnis: XL Axiata – PLN Kolaborasi Integrasi Produk dan Gali Potensi Bisnis

(ki-ka) Direktur Retail dan Niaga PLN, Edi Srimulyanti dan Direktur & Chief Enterprise and Corporate Affairs Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya melakukan prosesi penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara PT XL Axiata, Tbk dan PT PLN (Persero) di Jakarta, Jumat (29/9/2023). Melalui kemitraan ini, kedua perusahaan akan mengoptimalkan pemanfaatan digitalisasi dan teknologi automisasi yang dimiliki dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan publik dan juga memberikan dampak positif bagi bisnis perusahaan. Foto : Dok XL

JagatBisnis.com – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) dan PT PLN (Persero) telah menjalin kemitraan strategis yang menjanjikan untuk mengintegrasikan layanan produk mereka dan menggali potensi bisnis yang lebih besar. Dengan tujuan meningkatkan pelayanan publik dan mendukung pertumbuhan bisnis, kedua perusahaan ini akan memanfaatkan digitalisasi dan teknologi otomatisasi yang dimiliki.

Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) kerja sama ini berlangsung pada Jumat, 29 September 2023, di Jakarta, dengan Yessie D. Yosetya, Direktur & Chief Enterprise and Corporate Affairs Officer XL Axiata, dan Edi Srimulyanti, Direktur Retail dan Niaga PLN, sebagai penandatangan yang mewakili kedua belah pihak.

Yessie D. Yosetya, perwakilan dari XL Axiata, menyatakan, “Kami memiliki komitmen untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas layanan kami kepada pelanggan. Kerja sama ini adalah refleksi dari komitmen tersebut. Kami yakin bahwa kemitraan antara XL Axiata dan PLN memiliki potensi besar untuk saling menguatkan dan memberikan dampak positif bagi kedua perusahaan.”

Baca Juga :   PLN Beri Diskon 50 Persen Biaya Sambung Baru, Khusus untuk Daerah Ini

Salah satu aspek penting dari kerja sama ini adalah penerapan smart metering menggunakan Advance Metering Infrastructure (AMI) dan Automatic Meter Reading (AMR) oleh XL Axiata. Ini akan mempermudah pemantauan penggunaan listrik dan meningkatkan efisiensi konsumsi listrik di seluruh menara BTS XL Axiata.

Selain itu, kerja sama ini akan memberikan dukungan timbal-balik, dengan XL Axiata mendukung potensi kerja sama dalam penggunaan voucher PLN yang akan diintegrasikan ke dalam ekosistem touchpoints milik XL Axiata dan peluang kerja sama dalam solusi bisnis (business-to-business). XL Axiata sangat optimis bahwa kerja sama ini akan memberikan manfaat besar bagi pelanggan mereka.

Edi Srimulyanti, perwakilan dari PLN, menambahkan, “Melalui kerja sama strategis ini, PLN akan mendukung infrastruktur jaringan XL Axiata dengan menyediakan tenaga listrik atau PLNisasi untuk menara BTS XL Axiata. Kami juga akan meningkatkan akurasi pengukuran konsumsi listrik dengan menyediakan Advance Metering Infrastructure (AMI) dan Automatic Meter Reading (AMR), yang akan membantu XL Axiata dalam memantau penggunaan kWh di seluruh menara BTS mereka.”

Baca Juga :   PLN Tingkatkan Keandalan Suplai Listrik di Kupang

Data menunjukkan bahwa 98% menara BTS XL Axiata sudah terkoneksi dengan jaringan infrastruktur PLN. Saat ini, XL Axiata sedang melakukan transformasi bertahap dengan penggunaan layanan prabayar meter dan pembaruan meter menggunakan AMI dan AMR untuk layanan pascabayar meter yang masih digunakan oleh XL Axiata. Selanjutnya, XL Axiata berencana berkontribusi pada digitalisasi dan otomatisasi di PLN dengan melakukan migrasi layanan prabayar untuk sekitar 40% layanan pascabayar yang ada saat ini.

Baca Juga :   Buktikan Iritnya Mobil Listrik, PLN Gelar Touring Jakarta-Bali

Hingga saat ini, jaringan 4G XL Axiata telah melayani 58 juta pelanggan dengan cakupan layanan yang mencakup lebih dari 61 ribu desa/kelurahan, 5.700 kecamatan, dan 469 kabupaten di 38 provinsi Indonesia. Dengan dukungan lebih dari 150 ribu BTS, mayoritas di antaranya adalah BTS 4G, serta jaringan tulang punggung fiber optik yang melintasi lebih dari 159 ribu km, XL Axiata mampu mendukung jaringan data yang luas di seluruh kepulauan Indonesia.

Kerja sama ini menandai langkah yang penting dalam memanfaatkan potensi bersama untuk pertumbuhan dan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat serta pelanggan keduanya. Dengan integrasi produk dan teknologi canggih, kedua perusahaan dapat mengoptimalkan sumber daya mereka untuk mencapai hasil yang lebih baik secara bersama-sama. (srv)

MIXADVERT JASAPRO