Penumpang Kereta Api Alami Penurunan dan Penumpang Pesawat Meningkat di Agustus 2023

Kereta

JagatBisnis.com –  Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan bahwa jumlah penumpang kereta api di Indonesia mengalami penurunan sebesar 4,93 persen pada bulan Agustus 2023, menjadi sekitar 31,3 juta orang. Meskipun terjadi penurunan pada bulan tersebut, secara kumulatif selama periode Januari hingga Agustus 2023, jumlah penumpang kereta api mencapai 238,5 juta orang, menunjukkan peningkatan sebesar 42,63 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Plt. Kepala BPS, Amalia Adininggar Widyasanti, menjelaskan bahwa penurunan jumlah penumpang ini disebabkan oleh beberapa faktor. Pertama, penurunan ini terkait dengan berakhirnya masa liburan sekolah. Selain itu, pemerintah juga melakukan pemangkasan kapasitas penumpang kereta api jarak jauh sebagai bagian dari upaya pengendalian pandemi.

Amalia Adininggar Widyasanti juga menyebut bahwa pemerintah telah mengurangi kuota tiket tanpa kursi untuk kereta api ekonomi jarak jauh mulai 1 Agustus 2023, menguranginya dari 50 persen menjadi 20 persen. Hal ini juga turut berkontribusi pada penurunan jumlah penumpang kereta api.

Baca Juga :   Dibandrol Mulai Rp49 Ribu, KA Airlangga, Jakarta-Surabaya Beroperasi

Di sisi lain, jumlah penumpang pesawat internasional mengalami peningkatan signifikan sebesar 13,40 persen. Hal ini disebabkan oleh penambahan rute penerbangan internasional di beberapa bandara di Indonesia. Penambahan rute ini mencakup Bandara Soekarno Hatta dan Kualanamu. Selain itu, pada Agustus 2023, program keberangkatan jemaah umrah 2023 juga dibuka kembali setelah sebelumnya ditutup dalam rangka persiapan untuk jemaah haji.

Baca Juga :   Pengguna KRL Menurun Drastis

Selain kereta api dan pesawat, jumlah penumpang mode transportasi udara laut dan KRL (Kereta Rel Listrik) juga mengalami penurunan. Penurunan ini terkait dengan kebijakan work from home (WFH) yang diterapkan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Jakarta sebagai respons terhadap tingginya tingkat polusi udara di kota tersebut.

Baca Juga :   Ada 253 Perlintasan Tidak Terjaga di Jember

Kebijakan WFH bagi ASN DKI Jakarta di akhir Agustus 2023 berdampak terhadap jumlah pengguna KRL Jabodetabek. Hal ini menunjukkan dampak yang kompleks dari kebijakan dan situasi yang berubah dalam industri transportasi di Indonesia.

Demikianlah gambaran perkembangan transportasi di Indonesia pada bulan Agustus 2023, yang mencakup penurunan penumpang kereta api dan peningkatan penumpang pesawat internasional, sejalan dengan berbagai faktor yang memengaruhi keputusan perjalanan masyarakat. (tia)

MIXADVERT JASAPRO