Baliho Jumbo Prabowo Presiden Mejeng di Jalanan Kota Surabaya

Prabowo Subianto Foto: Rakyat Merdeka

JagatBisnis.com –  Suasana semarak jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mulai mengemuka. Salah satunya mencuat dari baliho dengan foto bakal calon presiden (bacapres) Prabowo Subianto dilengkapi tulisan ‘Golkar Partaiku, Prabowo Subianto Presidenku’ yang mejeng di jalanan Kota Surabaya.

Ketua DPD Partai Golkar Kota Surabaya Arif Fathoni mengatakan, pihaknya memang memasang baliho tersebut sebagai tindak lanjut instruksi tertulis DPP Partai Golkar yang ditandatangani Ketua Umum dan Sekjen Partai Golkar.

“Dalam instruksi tersebut, kami diminta untuk menyosialisasikan Letjend (Purn) Prabowo Subianto sebagai capres yang diusung oleh Partai Golkar, dan segera diminta untuk melakukan komunikasi politik dengan parpol pengusung di Kota Surabaya,” kata Arif, Rabu (20/8/2023).

Arif menjelaskan, pihaknya juga memberikan instruksi kepada seluruh bakal calon legislatif DPRD Surabaya untuk menyosialisasikan figur capres yang diusung oleh Partai Golkar ketika turun ke masyarakat. Hal ini bisa dilakukan melalui pertemuan terbatas dengan masyarakat, maupun di seluruh platform media sosial yang dimiliki. Termasuk memohon doa kepada seluruh jamaah pengajian yang diberangkatkan kegiatan ziarah wali lima.

Baca Juga :   Kapal Cepat Rudal Baru Buatan PAL Diluncurkan

“Kami ingin Surabaya menjadi salah satu kontributor yang mengantarkan salah satu putra terbaik bangsa yang bernama Prabowo Subianto menjadi Presiden ke 8 Republik Indonesia hasil pemilu 2024. Ikhtiar lahir kami lakukan, ikhtiar batin kami titipkan melalui jamaah pengajian yang berangkat ziarah ke makam wali, karena kami meyakini itu tempat yang mustajabah,” katanya memaparkan.

Saat disinggung mengenai upaya penertiban yang dilakukan oleh Pemkot Surabaya, pria yang juga Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Surabaya ini mengatakan, pihaknya bisa memahami hal tersebut. Namun, Toni, sapaan akrabnya, dirinya juga berharap diberikan waktu yang cukup untuk menyosialisasikan figur capres yang diusung Partai Golkar salah satunya melalui pemasangan baliho.

“Sepanjang itu tidak dipasang ditempat yang terlarang seperti pedestrian, taman dan lainnya,” ucapnya.

Baca Juga :   Survei: Ganjar dan Prabowo Pasangan Ideal di Pilpres 2024

Menurutnya, pihaknya belum bisa memasang foto capres di videotron seperti capres lain yang tiap hari terpampang d jalanan Surabaya.

“Kemampuan kami saat ini hanya memasang baliho. Kalau dipersoalkan soal estetika itu tergantung dari sudut pandang masing-masing. Kami hanya bisa berharap kekuasaan harus memberikan iklim kompetisi yang sportif,” katanya.

Dalam waktu dekat, ujar Toni, pihaknya juga akan melakukan pertemuan dengan sejumlah parpol pengusung yang ada di Surabaya untuk menyamakan gerak langkah dalam menghadapi pilpres di Kota Surabaya. Termasuk desain pemenangan masing-masing partai disatukan dalam desain besar pemenangan Pilpres.

Harapannya, lanjut dia, seluruh pengurus kecamatan dan kelurahan juga bisa tersatukan chemistry-nya, sehingga ketika mereka diterjunkan untuk menyenangkan hati masyarakat langsung bisa cepat. Semoga. Prabowo Subianto bisa memenangkan hati masyarakat Surabaya, Jawa Timur dan Indonesia,” kata Toni menambahkan.

Baca Juga :   Prabowo Beli Jet Tempur Mirage 2000-5 Seharga Hampir Rp12 Triliun

Berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden dijadwalkan dimulai pada 19 Oktober sampai dengan 25 November 2023.

Sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu), pasangan calon presiden dan wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.

Saat ini, terdapat 575 kursi di parlemen sehingga pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024 harus memiliki dukungan minimal 115 kursi di DPR RI. Bisa juga, pasangan calon diusung oleh parpol atau gabungan parpol peserta Pemilu 2019 dengan total perolehan suara sah minimal 34.992.703 suara. (tia)

MIXADVERT JASAPRO