Pemanfaatan Transportasi Publik oleh Pelajar untuk Mengurangi Polusi Udara

Bus Sekolah Foto : Kumparan

JagatBisnis.com –  Jakarta, 22 Agustus 2023 – Upaya untuk mengurangi polusi udara di wilayah Jabodetabek semakin gencar dengan mendorong pemakaian transportasi publik, terutama di kalangan pelajar. Unit Pengelola Angkutan Sekolah (UPAS) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengajak para pelajar dari tingkat SD hingga SMA/SMK untuk memanfaatkan fasilitas bus sekolah sebagai sarana transportasi. Langkah ini bertujuan tidak hanya untuk mengurangi polusi tetapi juga untuk meminimalkan antarjemput oleh orang tua dengan kendaraan pribadi.

Kepala UPAS DKI Jakarta, Faris Budiman, menjelaskan bahwa penggunaan bus sekolah akan membiasakan generasi muda untuk menggunakan transportasi publik. Hal ini diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap lingkungan di masa depan.

Adapun manfaat dari pemanfaatan transportasi publik ini adalah sebagai berikut:

  1. Mengurangi Ketergantungan Kendaraan Pribadi: Generasi penerus diajak mengenal kendaraan umum sejak dini, sehingga mereka tidak terlalu bergantung pada kendaraan pribadi di masa dewasa. Hal ini berpotensi mengurangi kemacetan lalu lintas dan emisi polutan.
  2. Pendidikan Lingkungan: Menggunakan transportasi umum akan membuat pelajar lebih memahami pentingnya mengurangi dampak lingkungan dari penggunaan kendaraan pribadi.
  3. Mengajarkan Kemandirian: Menggunakan transportasi umum memerlukan keterampilan tertentu seperti membaca jadwal, mengetahui rute, dan interaksi sosial dengan penumpang lain. Ini dapat meningkatkan kemandirian dan kepercayaan diri.
  4. Hemat Biaya: Penggunaan transportasi umum umumnya lebih ekonomis daripada memiliki dan mengoperasikan kendaraan pribadi, mempertimbangkan biaya bahan bakar, perawatan, dan parkir.
  5. Keamanan: Naik transportasi umum seringkali lebih aman daripada mengemudi sendiri, terutama untuk remaja yang baru belajar mengemudi.
  6. Pengembangan Sosial: Berinteraksi dengan berbagai orang di transportasi umum dapat meningkatkan keterampilan sosial dan pemahaman tentang keragaman.
  7. Mengurangi Kemacetan: Semakin banyak orang menggunakan transportasi umum, semakin sedikit kendaraan pribadi di jalan, yang dapat mengurangi kemacetan lalu lintas.
  8. Kesadaran Komunal: Mengajarkan pentingnya berkontribusi pada masyarakat dan berpartisipasi dalam solusi komunal.
Baca Juga :   Langkah Tegas Luhut Panjaitan: Melawan Polusi Udara Jakarta Bersama!

Dalam mendukung program ini, UPAS DKI Jakarta menyediakan rute bus sekolah yang terintegrasi di tiga wilayah administratif DKI Jakarta: Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Jakarta Pusat. Rute-rute tersebut dirancang untuk memudahkan akses pelajar ke sekolah dengan menggunakan transportasi publik.

Baca Juga :   DPRD Usul Bentuk Pansus Polusi Udara Jakarta

Dengan mengadopsi kebiasaan menggunakan transportasi publik sejak dini, generasi penerus diharapkan dapat menjadi agen perubahan dalam mengurangi polusi udara dan menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat.

Baca Juga :   Polusi Udara Memicu Lonjakan Pasien ISPA di Puskesmas Gambir dan Petojo Selatan

(tia)

MIXADVERT JASAPRO