Suasana Megah dan Bersemangat di Salat Id

Makkah Foto : Kumparan

JagatBisnis.com –  Pada Hari Raya Idul Adha tahun 2023 di Arab Saudi, suasana di sekitar Masjidil Haram, Makkah, dipenuhi oleh jemaah haji yang menunaikan beberapa ibadah haji. Berikut adalah gambaran suasana Salat Id, Tawaf Ifadah, dan Lempar Jumrah pada tahun tersebut:

  1. Salat Id di Masjidil Haram: Sebagian jemaah haji 2023 bergabung dengan umat Islam lainnya untuk melaksanakan Salat Id di Masjidil Haram. Salat Id dilakukan sekitar 15 menit setelah terbit fajar. Pada Hari Raya Idul Adha, Salat Id ini merupakan ibadah sunah. Syeikh Yasser Al-Dosari menjadi imam dan khotib salat Id, dan dalam khotbahnya, ia menyampaikan pesan tentang pentingnya persiapan untuk kematian dan bahaya yang ditimbulkan oleh hawa nafsu.
  2. Tawaf Ifadah: Ini adalah gelombang pertama jemaah haji yang tiba di Masjidil Haram untuk melaksanakan Tawaf Ifadah. Tawaf Ifadah adalah ritual yang melibatkan jemaah berjalan mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh putaran berlawanan arah jarum jam. Sebelumnya, jemaah telah menyelesaikan wukuf di Arafah dan bermalam di Muzdalifah, di mana mereka mengumpulkan kerikil yang akan digunakan dalam ritual lempar jumrah.
  3. Salat Id di Masjid Nabawi: Salat Id juga dilaksanakan di Masjid Nabawi, yang terletak sekitar 450 km dari Masjidil Haram. Setelah puncak pelaksanaan haji selesai pada awal Juli, Masjid Nabawi akan dibanjiri oleh jemaah haji.
  4. Lempar Jumrah: Jemaah haji gelombang pertama melaksanakan ritual lempar jumrah di Jembatan Jamarat di Mina pada hari Rabu pagi. Mereka melempar jumrah Aqobah sebanyak tujuh lontaran kerikil. Ritual lempar jumrah ini menggambarkan peristiwa Nabi Ibrahim yang melempari setan yang mengganggunya saat menerima perintah Allah SWT untuk menyembelih putranya, Ismail. Ritual ini menandai komitmen Nabi Ibrahim dalam mentaati perintah Allah, dan sebagai pengganti Ismail, Allah menggantikan dengan domba yang gemuk. Ritual lempar jumrah juga berkaitan dengan ibadah penyembelihan kurban pada Hari Raya Idul Adha.
Baca Juga :   WNI di Belanda Salat Idul Fitri pada Senin

Pada tahun 2023, jemaah haji Indonesia diberi imbauan untuk tidak melakukan lempar jumrah pada waktu utama, yaitu saat duha, untuk menghindari kerumunan yang berpotensi menimbulkan kepadatan.

Ini adalah gambaran suasana Salat Id di Masjidil Haram, Tawaf Ifadah, dan Lempar Jumrah Haji pada tahun 2023 di Arab Saudi. (tia)

MIXADVERT JASAPRO