Berita  

Amerika Serikat Keluarkan Peringatan Wabah Malaria, Sejak 20 Tahun Terakhir

Amerika Serikat

JagatBisnis.comPusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) telah mengeluarkan peringatan wabah malaria, yang merupakan peringatan pertama dalam 20 tahun terakhir. Hal ini terjadi setelah sejumlah kasus malaria yang ditularkan secara lokal teridentifikasi di Florida dan Texas, dua negara bagian di selatan Amerika Serikat.

CDC menyatakan bahwa malaria merupakan keadaan darurat medis yang harus ditangani dengan serius. Dalam dua bulan terakhir, empat kasus malaria yang ditularkan secara lokal telah ditemukan di Florida dan satu kasus di Texas. CDC mengkhawatirkan kemungkinan peningkatan kasus impor malaria yang terkait dengan peningkatan perjalanan internasional pada musim panas tahun 2023.

Badan tersebut mendorong upaya penyusunan rencana akses cepat terhadap injeksi artesunat, yang merupakan pengobatan lini pertama untuk kasus malaria berat di Amerika Serikat. CDC menyebutkan bahwa sejak tahun 2003, kasus malaria yang ditularkan oleh nyamuk secara lokal belum pernah terjadi di AS, kecuali delapan kasus yang terjadi di Florida. Terakhir kali Texas melaporkan kasus malaria lokal adalah pada tahun 1994.

Baca Juga :   Ketua DPR AS Nancy Pelosi Diserang Orang Tak Dikenal

Pejabat daerah di Florida telah mengumumkan tindakan penyemprotan udara untuk membunuh nyamuk setelah terdeteksi kasus malaria di wilayah tersebut. Sarasota County juga mengumumkan rencana penyemprotan pestisida menggunakan pesawat dan truk semalaman sebagai upaya untuk membatasi penyebaran penyakit yang ditularkan oleh nyamuk.

Baca Juga :   AS-Korsel Gelar Latihan Militer, Korut Luncurkan Nuklir

Malaria adalah penyakit yang ditularkan oleh nyamuk yang disebabkan oleh parasit. Gigitan nyamuk Anopheles yang terinfeksi dapat menyebabkan gejala demam dan menggigil dalam bentuk penyakit ringan, tetapi dalam kasus yang parah, pasien dapat mengalami kejang, kesulitan bernapas, perdarahan yang tidak normal, dan penyakit kuning.

Baca Juga :   California Resmi Larang Penjualan Mobil Berbahan Bakar Bensin pada 2035

Sebelum pandemi virus corona, Amerika Serikat biasanya melaporkan sekitar 2.000 kasus malaria terkait perjalanan setiap tahunnya, dengan sekitar 300 kasus masuk dalam kategori parah. Kasus terkonfirmasi pertama tahun ini diumumkan pada 26 Mei. Departemen Kesehatan Florida juga menjelaskan bahwa pasien dalam kasus Texas tersebut telah menghabiskan banyak waktu di luar ruangan, dan masyarakat diminta untuk menggunakan obat nyamuk atau mengenakan pakaian lengan panjang sebagai langkah pencegahan. (tia)

MIXADVERT JASAPRO