Tembus 220 Km/Jam Uji Coba Kereta Cepat Jakarta Bandung

JagatBisnis.com – Akan diluncurkannya kereta cepat maka uji coba kecepatan pun semakin di tingkatkan.

Uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung sudah mencapai kecepatan 220 kilometer (km)/jam. Uji coba menggunakan kereta inspeksi ini dilakukan bersamaan dengan proses sertifikasi Kementerian Perhubungan.

Manager Corporate Communication KCIC Emir Monti mengatakan pihaknya sedang fokus melakukan pengawasan dan evaluasi pelaksanaan testing & commisioning KCJB secara internal yang dilaksanakan oleh Kontraktor KCJB. Melalui CIT atau Kereta Inspeksi, seluruh parameter sarana dan prasarana KCJB dapat terdeteksi selama proses pengujian.

Baca Juga :   KCJB Mulai Uji Coba Akhir 2022

“Saat ini laju Kereta Inspeksi di jalur KCJB telah menembus angka 220 km per jam. Hal ini merupakan sejarah baru bagi perkeretaapian di Indonesia yang akan segera memiliki kereta api kecepatan tinggi,” ujar Emir dalam keterangan tertulis, Selasa (13/6/2023).

Pengujian dilakukan secara berkala dengan rute Stasiun Tegalluar, Stasiun Padalarang, Stasiun Karawang, dan Stasiun Halim. Laju Kereta Inspeksi pada saat pengujian juga akan terus ditingkatkan kecepatannya secara bertahap hingga mencapai puncak kecepatan teknisnya di 385 km per jam.

Baca Juga :   Terowongan Sepanjang 1.040 Meter Proyek KCJB Berhasil Ditembus

Emir menjelaskan, paralel dengan pengujian yang dilakukan oleh kontraktor, KCIC juga terus berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan untuk mempersiapkan izin operasi KCJB.

Saat ini juga tengah dilakukan focus group discussion antara KCIC, kontraktor KCJB, Kemenhub, dan pihak terkait lainnya selama tiga hari di Bandung. Pertemuan tersebut untuk membahas persiapan pengujian dan mengumpulkan berbagai data dan dokumen yang dibutuhkan guna melengkapi persyaratan yang ditetapkan Kemenhub.

Baca Juga :   Proyek KCJB Bakal dapat Suntikan Dana Rp3,2 Triliun

“Kami dengan Kemenhub saat ini sedang menyiapkan uji pertama kelaikan sarana dan prasarana KCJB sebagai bagian dari tahapan untuk mendapatkan izin operasi. KCIC akan mematuhi dan mengikuti sepenuhnya regulasi yang ditetapkan Kemenhub,” tutup Emir. (den)

MIXADVERT JASAPRO