Libur Panjang, Ratusan Kendaraan di Jalur Puncak Macet

JagatBisnis.com –  Memasuki long weekend Hari Lahir Pancasila yang jatuh hari ini dan cuti bersama dimanfaatkan warga untuk berwisata ke Puncak, Bogor. Ini terlihat dari macetnya arus lalu lintas di Jalur Puncak, Kamis (1/6) padahal polisi telah memberlakukan ganjil genap dan one way.

Kasat Lantas Polres Bogor, AKP Dicky Pranata mengatakan, hingga pukul 11.40 WIB, pihaknya telah memutar balik ratusan kendaraan di simpang Gadog.

“Ada ratusan yang kita putar balik kendaraan ke arah Jakarta,” kata Dicky di Simpang Gadog, Bogor.

Baca Juga :   Jelang Libur Akhir Tahun, Tempat Wisata Harus Bentuk Satgas

Dicky menyebut, ganjil genap berlaku mulai 31 Mei hingga 1 Juni. Pihaknya juga memberlakukan one way, meski begitu lalu lintas masih terpantau macet.

“Penerapan Gage (Ganjil Genap) sendiri kita laksanakan, dan ada dampak bottle neck (penyempitan arus) sebenarnya kalau bicara dampak Gage, tentunya itu terlalu besar kalau dampak Gage sendiri itu dampaknya positif untuk melakukan pembagian arus,” jelasnya.

Lanjut Dicky, penerapan Ganjil Genap sudah berjalan sejak 2021 dan dapat membantu petugas dalam mendapatkan solusi padatnya arus kendaraan yang mengakibatkan kemacetan yang masuk ke kawasan puncak.

Baca Juga :   Libur Panjang Isra Miraj, 153.985 Kendaraan Tinggalkan Jakarta

“Sesuai dengan jadwal peraturan kementerian perhubungan nomor 84 itu H-1 atau satu hari sebelum pelaksanaan hari libur dilaksanakan pada pukul 15.00 WIB sampai pada hari Minggu pukul 24.00,” jelasnya.

Sementara untuk penerapan one way atau satu arah sendiri, kata Dicky, kepolisian melakukan secara situasional tergantung kepadatan arus.

“Apabila dibutuhkan one way kita akan laksanakan. Kita lihat dominasi arah kendaraan. Jadi pagi hari biasa melakukan one way ke atas arah puncak penarikan arus. Sementara siang hari pengurasan arus kita tarik ke bawa arah Jakarta,” jelasnya.

Baca Juga :   Bertambah, 351.256 Kendaraan Tinggalkan Jabodetabek

Pada libur kali ini, ada 200 personel kepolisian yang ditempatkan di titik-titik kemacetan dan 100 personel gabungan Satpol PP dan Dishub Kabupaten Bogor.

“Kita siagakan sepanjang 22 kilometer. Untuk pemantauan pos sendiri kita ada empat pos, yaitu Simpang Gadog, Megamendung, Taman Safari dan di atas di Riung Gunung,” tutupnya.(tia)

MIXADVERT JASAPRO