WHO Minta Dunia Bersiap Hadapi Pandemi Berikutnya

JagatBisnis.comOrganisasi Kesehatan Dunia (WHO), mendesak negara-negara di dunia untuk melakukan reformasi yang diperlukan. Hal itu dilakukan untuk mempersiapkan pandemi berikutnya. WHO juga meminta negara-negara menghormati komitmen sebelumnya untuk meningkatkan pembiayaan bagi badan kesehatan PBB.

‘Sudah waktunya memajukan negosiasi untuk mencegah pandemi berikutnya. Karena pandemi berikutnya pasti akan “datang”. Jika kita tidak melakukan perubahan yang harus dilakukan, lalu siapa lagi? Dan, jika kita tidak melakukannya sekarang, lalu kapan?” tegas Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus di majelis kesehatan tahunan WHO, beberapa minggu setelah mengakhiri status darurat global untuk pandemi COVID-19, dikutip dari Reuters, Selasa (23/5/2023)

Dia menjelaskan, Majelis Kesehatan Dunia tahunan berlangsung selama 10 hari di Jenewa, yang bertepatan dengan peringatan 75 tahun badan itu. Pertemuan ini digelar untuk mengatasi tantangan kesehatan global, termasuk pandemi di masa depan.

Baca Juga :   Cacar Monyet Dipastikan Tidak Akan Jadi Pandemi

“Sebanyak 194 negara anggota WHO saat ini sedang merundingkan reformasi aturan mengikat yang memperbaiki kewajiban mereka jika terjadi ancaman kesehatan internasional. Selain itu, saya juga sedang menyusun perjanjian pandemi yang lebih luas yang akan diratifikasi tahun depan,” ungkapnya. (*/els)

MIXADVERT JASAPRO