Pemkot Tangerang Kembali Raih Opini WTP

JagatBisnis.comPemerintah Kota (Pemkot) Tangerang kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan pemerintah tahun anggaran 2022 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Banten.

Raihan opini WTP ini, secara langsung menjadi capaian ke-16 kali secara berturut-turut untuk Kota Tangerang untuk Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD).

Wali Kota Tangerang H. Arief R. Wismansyah mengatakan, opini WTP yang telah diraih menjadi bentuk komitmen dari Pemkot Tangerang dalam menjalankan tata kelola pemerintahan yang mengedepankan transparansi, akuntabilitas dan efisiensi

Baca Juga :   Pemkot Tangerang Targetkan Vaksin Booster Kedua Dimulai 6 Feburari 2023

“Rp1 pun pelaksanaan pembangunan yang dilakukan oleh Pemkot harus dapat dipertanggung jawabkan,” kata Arief, saat menerima opini WTP yang diserahkan langsung oleh Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Banten, Emmy Mutiarini di kantor BPK RI Provinsi Banten, Serang, Senin (8/5/2023) lalu.

Baca Juga :   BBM Naik, Pemkot Tangerang Gratiskan Bus Tayo dan Angkot Si Benteng

Dia menjelaskan, terkait hasil rekomendasi BPK, pihaknya akan segera menindaklanjuti hasil rekomendasi BPK atas LKPD Pemkot Tangerang T.A 2022. Karena ada lima rekomendasi atas laporan keuangan Pemkot Tangerang.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Banten, Emmy Mutiarini menambahkan, pemberian opini WTP didasarkan pada empat kriteria, yaitu kesesuaian laporan keuangan dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan (adequate disclosures), efektivitas sistem pengendalian intern dan kepatuhan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan.

Baca Juga :   Wali Kota Tangerang Ingatkan Pegawainya Jangan Pamer di Medsos

“Kota Tangerang selain mendapatkan WTP untuk ke 16 kalinya, juga telah menindaklanjuti 85 persen rekomendasi BPK dan ini diatas rata-rata nasional yang hanya 75%,” tutup Emmi. (adv)

MIXADVERT JASAPRO