Status Kedaruratan Monkeypox Akhirnya Dicabut WHO

JagatBisnis.com –  Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mencabut status kedaruratan monkeypox atau cacar monyet. Sebelumya, virus ini sempat membuat gempar dunia sekitar Mei 2022. Pernyataan pencabutan status disampaikan Direktur Jenderal WHO, Adhanom Ghebreyesus pada 11 Mei 2023. Hal itu dilakukan seminggu setelah penghentian kedaruratan Covid-19.

“Sementara virus Monkeypox masih menyebar di dunia, tapi terjadi kemajuan yang stabil dalam pengendalian wabah. Oleh karena itu, WHO secara resmi mengakhiri kedaruratan Monkeypox,” kata Adhanom Ghebreyesus dikutip dari STAT News, Minggu (14/5/2023).

Menurut dia, pihaknya mengambil keputusan tersebut dengan perhitungan yang matang. Keputusan itu juga didasarkan dari rekomendasi panel ahli independen yang dikumpulkan pada 10 Mei 2023. Kesimpulan lain dari pertemuan itu, Monkeypox meski sudah bukan lagi kedaruratan global, tapi setiap negara membutuhkan respons jangka panjang dan berkelanjutan. Sehingga masalah ini tidak terulang kembali di masa depan.

Baca Juga :   Cacar Monyet Dipastikan Tidak Akan Jadi Pandemi

“Saya senang menyampaikan kabar bahwa monkeypox bukan lagi darurat kesehatan global. Namun, seperti halnya Covid-19, itu tidak berarti penyakit ini sudah musnah,” terangnya.

Baca Juga :   WHO Kirim 20 Unit Ambulans ke Ukraina

Dia mengakui, beberapa negara masih melaporkan kasus Monkeypox, walau angkanya jauh di bawah puncaknya pada tahun lalu. Bahkan, risiko kenaikan kasus Monkeypox di masyarakat masih ada. Oleh karena itu, pihaknya mendesak agar negara-negara waspada terhadap agenda besar yang melibatkan banyak orang berkumpul di satu tempat. (*/els)

MIXADVERT JASAPRO