BMKG: Perubahan Iklim Bisa Bikin Kemiskinan Naik

JagatBisnis.com –  Perubahan iklim telah lama menjadi perhatian dunia. Ini karena pengaruhnya terhadap banyak bidang kehidupan masyarakat, terutama ekonomi yang berdampak pada isu kemiskinan.

Plt. Deputi Bidang Klimatologi BMKG Dodo Gunawan mengatakan, dampak perubahan iklim tidak hanya sebatas pada cuaca ekstrem, mencairnya salju di gunung, krisis air bersih atau meningkatnya wabah penyakit. Lebih dari itu, laju perubahan iklim yang kian cepat juga membawa kerugian ekonomi juga politik. Apalagi, kini perubahan iklim juga berdampak pada rumah tangga yang jatuh pada lingkaran kemiskinan.

“Intensitas bencana alam akan semakin sering terjadi. Bahkan, bencana alam itu sendiri erat kaitannya dengan kemiskinan. Tidak sedikit rumah tangga yang jatuh ke lingkaran kemiskinan akibat bencana alam,” kata Dodo dalam keterangannya, Senin (20/3/2023).

Baca Juga :   Waspadai Cuaca Buruk Dua Hari ke Depan

Dia menerangkan, apabila kondisi itu terus dibiarkan terjadi, maka tujuan mencapai Indonesia bebas dari kemiskinan semakin jauh. Apalagi, tidak ada satupun negara yang aman dari efek percepatan perubahan iklim. Untuk itu, Indonesia harus melakukan berbagai aksi mitigasi dan adaptasi secara komprehensif dan terukur. Hal itu guna menahan laju perubahan iklim.

Baca Juga :   Wagub DKI Imbau Warga Jakarta Agar Waspadai Cuaca Ekstrem Berpotensi Banjir

“Terlihat dari berbagai peristiwa alam terkait iklim, dari suhu udara yang lebih panas, terganggunya siklus hidrologi hingga maraknya bencana hidrometeorologi di berbagai belahan dunia. Untuk itu, kami meminta semua pihak untuk terlibat dalam mengantisipasi dampak perubahan iklim yang lebih besar,” tutupnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO