Sungai Musi Meluap, 8.227 Warga Kebanjiran

JagatBisnis.com –   Ribuan rumah warga terdampak banjir yang melanda permukiman di Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan pada Jumat (10/3/2023). Banjir dipicu hujan intensitas tinggi hingga Sungai Musi meluap. Akibatnya, sebanyak 8.227 jiwa di tiga kecamatan terdampak.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari, banjir itu di Kecamatan Bts Ulu Cecar, Kecamatan Muara Kelingi dan Kecamatan Sukakarya. Sedikitnya 2.618 unit rumah terdampak, dua jembatan rusak ringan, dua jembatan gantung putus, satu polindes, kantor desa, SD, dan tiga tempat ibadah terdampak.

“Banjir berkisar 50-400 centimeter. Bahkan setinggi atap rumah warga.
Bahkan, kondisi air cenderung naik dan luasan terdampak semakin meluas,” katanya dalam keterangan, Rebu (15/3/2023).

Baca Juga :   Temuan Nelayan di Sungai Musi, Dibantah Sebagai Harta Karun

Abdul mengungkapkan, BPBD Kabupaten Musi Rawas tiba di lokasi sesaat setelah kejadian dan terus melakukan koordinasi intensif dengan pemerintah daerah untuk melakukan pendataan serta peninjauan di lokasi terdampak. Selain itu, upaya evakuasi juga terus dilakukan dengan mengerahkan perahu karet untuk membawa warga terdampak ke lokasi yang lebih aman.

Baca Juga :   Temuan Nelayan di Sungai Musi, Dibantah Sebagai Harta Karun

“Karena informasi BMKG mengenai Prakiraan Curah Hujan Dasarian III Maret untuk wilayah Musi Rawas memiliki potensi curah hujan dengan kategori menengah. Merespons hal tersebut, kami mengimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kesiapsiagaan,” tutupnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO