Australia Akan Beli 5 Kapal Selam Nuklir AS

Ilustrasi Kapal Selam Nuklir AS Foto: Tempo.co

JagatBisnis.com –    Australia diperkirakan akan membeli lima kapal selam tenaga nuklir US Virginia pada 2030an. Pembelian itu merupakan implementasi kerja sama AUKUS.

AUKUS adalah pakta pertahanan yang diteken oleh Australia, Amerika Serikat dan Inggris pada 2021 lalu.

Sumber Reuters menyebut, di bawah kesepakatan AUKUS pula salah satu kapal selam AS akan ditempatkan Australia pada beberapa tahun mendatang. Sedangkan pada 2030an kapal selam tenaga nuklir jenis baru akan dibangun di Australia, dengan rancangan Inggris dan teknologi AS.

Baca Juga :   Hari Ini, Ketua DPR AS Dikabarkan Tiba di Taiwan

Pada Senin (13/3) pekan depan demi mengumumkan langkah resmi terkait kapal selam tenaga nuklir, PM Anthony Albanese akan bertemu Presiden AS Joe Biden dan PM Inggris Rishi Sunak di San Diego.

Sementara itu, dua pejabat dari negara anggota AUKUS menjabarkan detail mengenai kapal selam nuklir Australia. Dengan kondisi anonim mereka mengatakan, AS akan mengerahkan kapal selam nuklir ke Negara Bagian Western Australia pada 2027.

Baca Juga :   California Resmi Larang Penjualan Mobil Berbahan Bakar Bensin pada 2035

Pada awal 2030an, Australia akan membeli tiga kapal selam Virginia. Australia kemudian diberikan opsi pembelian dua kapal selam lagi.

Penambahan lima kapal selam itu akan menambah armada bawah laut negara tetangga Indonesia ini. Sekarang Australia mempunyai enam kapal selam Collins yang masa beroperasinya diperpanjang sampai 2036.

Baca Juga :   Kanada dan AS Selidiki Hepatitis A dari Stroberi Organik

Kapal selam tenaga nuklir yang akan dibeli Australia punya kemampuan bertahan di bawah air lebih lama. Kapal selam teknologi ini pun lebih sulit dilacak musuh.

Terkait kapal selam baru yang akan dibuat Australia, sumber Reuters tidak menjabarkan lebih. Tidak diketahui pula spesifikasi produk dan di mana lokasi pembuatan.  (tia)

MIXADVERT JASAPRO