Kemenkes Ajak Masyarakat Vaksinasi Sebelum Mudik Lebaran

JagatBisnis.com –   Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengajak masyarakat terutama yang lanjut usia (lansia) untuk segera divaksinasi. Apalagi, Ramadhan sebentar lagi dan sebagian masyarakat mengikuti tradisi mudik.

“Vaksin Covid-19 itu untuk masyarakat khususnya lansia yang belum disuntik vaksin dosis pertama, kedua, booster pertama atau booster kedua. Sayangi orang tua kita yang di kampung ajak mereka vaksin,” kata Juru Bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril dikutip dari Youtube Kemenkes, Kamis (16/2/2023).

Dia memaparkan, saat ini walaupun kondisi dan situasi sudah melandai. Namun, pandemi Covid-19 belum resmi dikatakan selesai meski kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) telah dicabut pemerintah. Maka itu, kemungkinan tertular Covid-19 masih tetap ada dan hal tersebut harus dijaga serta diantisipasi.

Baca Juga :   Kemenkes Pastikan Mutu Alat Tes PCR Tetap Optimal

“Jangan sampai nanti kita datang dari kota orang tua belum divaksin dan mudah tertular dan terinfeksi Covid-19 yang sampai saat ini belum selesai,” ujarnya.

Baca Juga :   Ini Penjelasan Menkes Soal Vaksin Corona Kedaluwarsa Bisa Diperpanjang Izinnya

Sementara itu, Juru Bicara Pemerintah dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru Reisa Broto Asmoro mengingatkan masyarakat agar tidak mepet-mepet untuk melakukan vaksinasi Covid-19. Karena, antibodi yang diperoleh oleh tubuh manusia setelah vaksin Covid-19 baru bereaksi setelah tiga hingga empat minggu seusai disuntik.

Baca Juga :   Kemenkes dan Kemenristek Awasi Varian Baru Virus Corona

“Butuh waktu tiga sampai empat minggu mulai muncul antibodi yang maksimal. Jadi, sebelum mudik mungkin sekarang waktu yang tepat untuk vaksin. Kalau sudah jeda enam bulan booster pertama, segerakan booster kedua. Jangan sampai nanti mau mudik baru vaksin,” pungkasnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO