Ini Tips Makan Telur Sehat untuk Hindari Kolesterol Tinggi

JagatBisnis.comTelur dianggap oleh sebagian orang mampu menaikkan kolesterol. Padahal itu informasi yang keliru. Kolesterol yang ada di dalam telur bermanfaat bagi kesehatan. Selain menawarkan kolesterol, telur mengandung nutrisi penting lainnya, misal vitamin D, kolin dan lutein yang baik. Kolin merupakan nutrisi penting untuk perkembangan otak bayi yang baru lahir dan lutein adalah antioksidan yang penting untuk kesehatan mata.

Untuk itu, tips makan telur sehat untuk hindari kolesterol ini patut diketahui. Apabila dijadikan kebiasaan akan lebih baik lagi demi menunjang hidup yang lebih sehat. Lalu, seperti apa tips makan telur yang aman agar terhindar dari kolesterol tinggi?

“Perlu ditekankan, asupan telur saja tidak akan menaikkan secara signifikan kolesterol,” tegas Jess DeGore, ahli nutrisi, dikutip dari Eating Well, Sabtu (11/2/2023).

Baca Juga :   Ini Waktu yang Tepat untuk Konsumsi Berbagai Jenis Vitamin

Meski telur tidak menaikkan kolesterol secara signifikan, tapi tetap disarankan untuk tidak makan telur berlebihan. Karena sesuatu yang berlebihan tidak akan baik hasilnya. Apalagi, ada anjuran agar makan telur per hari tidak boleh lebih dari 300 mg.

Baca Juga :   Waspada, Sering Main Gadget Bisa Terkena Trigger Finger

Sayangnya, pedoman itu direvisi menjadi penerapan pola makan sehat dan membatasi konsumsi kolesterol makanan. Tapi hal itu dilakukan tanpa mengurangi kecukupan nutrisi dari makanan tersebut. Artinya, bagi yang kadar kolesterolnya normal, aman memakan satu buah telur utuh setiap hari.

Menurut laporan American Heart Association, mengkonsumsi satu buah telur utuh setiap hari merupakan bagian dari diet jantung sehat.

Baca Juga :   Inilah Alasan Aroma Mulut Tak Sedap Saat Bangun Tidur

Hal serupa juga disampaikan pakar gizi dr. Rohini Patil, bahwa menikmati telur utuh untuk mendapatkan manfaat dari protein dan nutrisi adalah pilihan yang tidak salah.

“Di dalam telur itu terkandung vitamin A 6 persen, vitamin B5 7 persen, vitamin B12 9 persen, fosfor 9 persen, vitamin B2 15 persen dan selenium 22 persen,” ungkap dr. Rohini. (*/els)

MIXADVERT JASAPRO