Asteroid Baru Seukuran Mobil Truk yang Melewati Bumi

FOTO : Ilustrasi

JagatBisnis.comNASA menciptakan suatu planetoid terkini seukuran truk beranjak mendekati Alam. Durasi terdekat ke Alam terjalin pada Kamis( 26/ 1) kemarin.

Asteroid terkini itu diberi julukan 2023 BU. Beliau melintas di akhir selatan Amerika pada jam 19: 27 ET pada Kamis. Jaraknya cuma dekat 2. 200 mil( 3. 540 km) di atas dataran Alam.

Jarak ini terletak dalam jalur satelit garis besar. Tetapi, NASA memandang tidak terdapat resiko planetoid akan menghantam Alam.

Baca Juga :   Kabar Baik untuk Bumi, Lubang Ozon di Antartika Menyusut

Karena, kala planetoid yang diperkirakan berdiameter 11, 5 sampai 18 kaki( 3, 5- 8, 5 m) itu mengarah Alam, beliau hendak berganti jadi bola api serta sirna sedemikian itu merambah suasana. Puing- puing yang tertinggal hendak jatuh ke tanah selaku bintang jatuh kecil.

Astronom pemula Gennadiy Borisov memandang planetoid itu dari observatorium MARGO di Nauchnyi, Krimea, Sabtu( 28 atau 1). Borisov lebih dahulu sudah menciptakan bintang berasap antarbintang 2I atau Borisov pada 2019.

Baca Juga :   Asteroid Pembunuh Planet Ditemui usai Lama Disembunyikan Matahari

Minor Planet Center pula menyambut informasi terkini mengenai observasi planetoid 2023 BU. Minor Planet Center umumnya melacak posisi planet kecil, bintang berasap, serta batuan luar angkasa.

Sehabis observasi yang lumayan, terkini diumumkan hal temuan planetoid ini dengan cara sah. Di dasar lindungan Aliansi Astronomi Global, badan itu bertanggung jawab atas pengenalan, penunjukan, serta informasi jalur barang- barang angkasa itu.

Baca Juga :   Ikut Bareng Roket Elon Musk ke Bulan, Wahana Korsel Kirim Gambar Bumi

Observatorium di semua bumi juga melaksanakan observasi lebih lanjut berita ini diumumkan.

Sistem evaluasi ancaman menganalisa informasi dari Minor Planet Center serta berspekulasi kalau planetoid itu hendak meleset dari Alam.

Saat sebelum melampaui alam pada Kamis kemudian, planetoid itu menginginkan durasi dekat 359 hari buat berakhir mengitari Mentari.

Tetapi, saat ini para akademikus berspekulasi kalau jalur asteroid memanjang, alhasil durasi buat mengitari mentari jadi 425 hari. (tia)

MIXADVERT JASAPRO