BRI Sebut 6 Faktor Penentu Keberlanjutan Industri Perbankan Indonesia

JagatBisnis.com-Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI
Sunarso mengungkapkan terdapat beberapa hal yang akan memengaruhi industri perbankan nasional ke depan. Mulai dari bonus demografi, praktik ESG, hingga keberadaan financial technology (fintech).

“Hal pertama adalah bonus demografi penduduk. Jadi, tren jumlah penduduk usia produktif akan meningkat mencapai 64 persen pada 2030 nanti. Ini sudah barang tentu adalah hal yang positif,” katanya dalam keterangan tertulis, Minggu (29/1/2023)

Kemudian, lanjut dia, yang kedua adalah perubahan perilaku nasabah dalam transaksi digital payment yang meningkat lebih dari 30 persen. Sedangkan, transaksi cash terus turun dan hanya menyisakan 10 persen.

Baca Juga :   BRI Tingkatkan Literasi Keuangan Digital bagi UMKM Bali

“Ketiga adalah implementasi praktik keuangan berkelanjutan environmental, social & governance (ESG). Concern investor terhadap aspek ESG berpengaruh terhadap perubahan tata kelola dan bisnis perbankan,” tambah Sunarso.

Baca Juga :   Grab dan BRI Ventures Luncurkan Grab Ventures Velocity Batch 4 X Sembrani Wira

Lalu, keempat adalah low interest rate environment, tren penurunan credit yield berdampak pada net interest margin (NIM) yang semakin tertekan.

“Kalau kita lihat di 2020 itu NIM bisa lebih 10 persen. Tapi pada 2022 hanya sekitar 6 persen. Maka, saya pikir bank tetap didorong untuk memperluas fungsi intermediasinya. Karena dalam presentasi itu NIM-nya itu makin kecil. Kalau mau laba besar, berarti ya harus nyari nasabah sebanyak-banyaknya. Kira-kira begitu gambarannya,” papar Sunarso.

Baca Juga :   BRI Bayarin Belanja 959 Nasabah Setia dari 18 Wilayah

Kemudian, Kelima utilisasi data dan teknologi semakin dominan, yakni penggunaan data analitik untuk mempercepat proses bisnis kredit underwriting dan marketing. Dan yang keenam adalah kompetisi dengan fintech.

“Jadi persaingan yang semakin ketat seiring dengan hadirnya pemain-pemain non-bank seperti fintech dengan berbagai dinamikanya,” tutupnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO