Tekno  

Berikut 5 Ciri-ciri WhatsApp Sedang Dibajak

JagatBisnis.com –  Ciri-ciri WhatsApp Anda sedang dibajak, wajib dipahami. Sehingga, Anda bisa melakukan langkah cepat atau bahkan pencegahan. WhatsApp memang mengklaim, layanan mereka aman. Juga, pesan yang terkirim terenkripsi.

Tapi, bukan berarti layanan apliksasi ini kebal dari hacker. Penjahat siber memiliki banyak sekali cara melakukan tipu daya untuk mengambil alih akun WhatsApp Anda.

Mulai dengan mengirim file APK palsu, mendaftarkan nomor Anda ke perangkat lain, meminta kode OTP, hingga melakukan social engineering.

Baca Juga :   Aplikasi WhatsApp Bakal Hadir di iPad

Berikut adalah beberapa ciri-ciri yang dapat menunjukkan WhatsApp Anda sedang dibajak atau dihack, seperti dirangkum dari berbagai sumber, Senin (23/1/2023).

1. Menerima panggilan tidak dikenal
Jika Anda menerima pesan atau panggilan dari orang yang tidak Anda kenal, atau dari kontak yang Anda tidak percayai, ini mungkin merupakan tanda bahwa WhatsApp Anda sedang dibajak.

Baca Juga :   WhatsApp Kini Sudah Bisa Digunakan

2. Akun dibuka di perangkat lain
Anda menerima pemberitahuan atau notifikasi bahwa akun Anda sedang dibuka di perangkat lain. Padahal, Anda hanya menggunakan satu HP saja. Ini jadi pertanda bahwa akun Anda sedang dibajak.

3. Pesan yang tidak biasa atau spam
Pesan spam atau tidak biasa yang bertubi-tubi bisa jadi indikator bahwa akun Anda sedang dibajak.

4. Tidak bisa masuk
Tiba-tiba Anda tidak bisa masuk atau log in ke akun WhatsApp Anda atau mendadak Anda log out dari akun WhatsApp dan tidak bisa masuk kembali. Artinya, penjahat siber telah mendapatkan otorisasi dari akun WhatsApp Anda.

Baca Juga :   Januari 2021, Beberapa Smartphone Terancam Tidak Bisa Akses WhatsApp

5. Tidak bisa ganti password
Jika Anda tidak bisa mengubah kata sandi WhatsApp Anda, ini mungkin merupakan tanda bahwa akun Anda sedang dibajak. (*/esa)