Gajah Penghuni TWA Buluh Cina Riau Mati Terserang Virus

JagatBisnis.com –  Seekor gajah bernama Damar di Taman Wisata Alam (TWA) Buluh Cina Kabupaten Kampar, Riau, mati terserah virus. Kematian gajah tersebut masih dalam penyelidikan petugas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Riau.

Kepala BBKSDA Riau, Genman S. Hasibuan menjelaskan, saat ditemukan oleh mahout (pawang gajah), dikira gajah tersebut sedang tidur. Namun, setelah didekati hewan bernama latin Alephas maximus sumatranus ini sudah tidak bernyawa.

“Saat itu pelatih gajah di TWA Buluh Cina
Alex Gunawan, melakukan pengecekan, dan hendak memindahkan gajah ke hutan. Namun, saat sampai di tempat ikatan, Alex melihat gajah Damar dalam posisi rebah. Dia pikir, gajah itu masih tidur. Tapi setelah dipastikan, ternyata gajah Damar sudah mati,” kata Genman, Kamis (19/1/2023).

Dijelaskannya, sebelum ditemukan mati, kondisi gajah Damar baik-baik saja. Tidak ditemukan tanda-tanda kesehatannya tergangu. Untuk mengetahui apa penyebab kematian tersebut, pihaknya mengirim contoh potongan tubuh berupa lidah, hati, limpa, lambung, ginjal, jantung, paru-paru, dan cairan perikardium ke Kota Bogor, untuk diuji di laboratorium.

“Dari hasil uji laboratorium, gajah Damar berjenis kelamin jantan berumur dua tahun empat bulan, mati disebabkan positif Elephant Endotheliotropic Herpes Virus (EEHV). Jenis virus tersebut sangat susah diprediksi. Gejalanya tidak terlihat jelas bila hanya melihat dari fisik gajah. Namun dapat menyerang dengan cepat pada anakan gajah,” tutup Genman. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO