AS Kembalikan Artefak Curian Berusia 2.700 Tahun ke Palestina

JagatBisnis.com-Pejabat Amerika Serikat (AS) memulangkan artefak berusia 2.700 tahun ke Otoritas Palestina. Pemulangan artefak tersebut setelah adanya penyelidikan hukum terhadap barang antik yang dicuri itu.

New York Times, Minggu (8/1/2023), melaporkan, artefak berupa sendok kosmetik itu diserahkan oleh perwakilan Amerika kepada pejabat Palestina di kota Bethlehem pada Kamis (5/1/2023).

Pengembalian ini menandai pertama kalinya artefak curian telah dipulangkan oleh AS ke Palestina. Sendok itu diproduksi antara 700 dan 800 Sebelum Masehi (SM) dalam Kekaisaran Asyur, diperkirakan telah digunakan untuk menuangkan dupa ke api selama ritual keagamaan.

Baca Juga :   Atasi Ancaman Nuklir Korut, AS Dekati China

Itu adalah bagian dari sejumlah besar benda kuno yang diperoleh miliarder AS Michael Steinhardt, yang pada tahun 2021 menyerahkan koleksi barang antiknya senilai USD70 juta dan dilarang seumur hidup membeli artefak.

Baca Juga :   Persenjataan Militer Milik AS yang Kini Dikuasai Taliban

Sendok itu pertama kali muncul untuk dilelang pada tahun 2003 ketika Steinhardt membelinya dari dealer Israel yang dituduh memperdagangkan artefak curian.

Baca Juga :   Cangkok Ginjal Babi ke Manusia di AS Sukses

Menteri pariwisata dan barang antik Palestina Rula Maayah yang bertemu pejabat AS di Bethlehem, mengatakan, artefak ini penting karena memperoleh nilai ilmiah dan arkeologi yang nyata di lokasi aslinya. (*/els)