Stok Vaksin Booster Masih 10 Juta Dosis

JagatBisnis.com –  Saat ini stok vaksin booster masih tersedia 10 juta dosis. Vaksin itu terdiri dari stok dari luar negeri berupa hibah dan ada pula yang dibeli langsung dari dalam negeri.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, memastikan stok vaksin booster itu saat ini masih aman.

“Memang booster kita masih punya stok yang masuk dari luar negeri berupa hibah di atas 4 juta dosis. Kami juga sudah membeli produksi dalam negeri baik dari Inavac dan Indovac, totalnya antara 5-10 juta dosis. Itu sudah tersedia,” jelas Menkes Budi.

Baca Juga :   Filipina Luncurkan Program Vaksinasi Booster COVID-19 Kedua

Menurutnya, saat ini memang terjadi penurunan kapasitas penyuntikan vaksin dari 2 juta per hari. Kini, hanya 100-150 ribu per hari. Akan tetapi ia memastikan stok selalu tersedia.

Baca Juga :   Pelaku Perjalanan Diwajibkan Booster

Dengan masih adanya varian baru, Menkes Budi mengingatkan lansia untuk segera di booster. Hal itu untuk melindungi lansia dari keparahan dan kematian.

Baca Juga :   Vaksinasi Booster di NTT Baru Mencapai 12 Persen

“Tolong para lansia di booster. Apalagi, jika belum di booster dan belum divaksin. Yang di RS dan meninggal, itu 50 persen belum vaksin. Bahkan, lebih dari 70 belum booster. Maka kami cepat-cepat minta lansia segera booster,” tutupnya. (*/esa)